Maek Festival 2024 Resmi Ditabuh, Supardi: Tampilkan Pertunjukan Seni Peradaban Masa Lalu

Maek Festival 2024 Resmi Ditabuh, Supardi Tampilkan Pertunjukan Seni Peradaban Masa Lalu

TOPSUMBAR – Maek Festival 2024 dengan beragam atraksi kebudayaan yang menggambarkan peradaban masa lalu resmi ditabuh hari ini Rabu, 17 Juli 2024.

Festival ini akan menampilkan berbagai karya dari seniman lokal hingga Internasional dan dipusatkan di Jorong Koto Tangah, Nagari Maek, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi, yang menggagas acara ini, menyatakan bahwa festival dimulai pada pukul 19.50 WIB.

Bacaan Lainnya

“Dalam rangkaian Festival Maek 2024, akan ada berbagai pertunjukan seni, termasuk kolaborasi dari tiga negara dan penampilan rabab Maek. Festival ini merupakan upaya untuk memperkenalkan peninggalan sejarah peradaban masa lalu, khususnya zaman megalitikum, kepada generasi muda,” ujar Supardi.

Salah satu tujuan utama Maek Festival adalah memperkenalkan situs bersejarah ini kepada masyarakat luas.

“Para arkeolog dari Mesir, Jepang, Australia, Jerman, dan India akan hadir untuk mengungkapkan misteri peradaban Maek,” tambah Supardi.

Menurut Supardi, peradaban Maek masih menyimpan banyak teka-teki yang perlu dipecahkan oleh para ilmuwan.

Meskipun Universitas Gadjah Mada (UGM) telah meneliti tengkorak manusia pada tahun 1985, namun sejarah lengkap mengenai peradaban di Nagari Maek belum terungkap sepenuhnya.

“Menhir sebagai jejak peradaban menyimpan banyak misteri. Pada pameran ini, masyarakat bisa melihat hasil penelitian para ahli termasuk artefak kuno dari peradaban Maek,” jelas Supardi.

Selain itu, Supardi menegaskan bahwa suksesnya Maek Festival akan menunjukkan kepada dunia bahwa Sumatera Barat memiliki situs arkeologi penting yang bisa mengubah narasi sejarah.

“Selama ini, kita kurang memperhatikan cagar budaya dari peradaban kuno ini. Baru setelah 40 tahun, untuk pertama kalinya, Maek dipamerkan,” ucap Supardi.

Untuk menyukseskan acara malam ini, masyarakat dan seluruh unsur yang terlibat telah melakukan berbagai persiapan, termasuk bergotong-royong merapikan pusat acara yang dihiasi berbagai menhir.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait