Letakkan Batu Pertama Jembatan Lubuak Nago, Safaruddin Janjikan Konektivitas Lebih Baik untuk Lima Puluh Kota

Letakkan Batu Pertama Jembatan Lubuak Nago, Safaruddin Janjikan Konektivitas Lebih Baik untuk Lima Puluh Kota

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Jembatan Lubuak Nago, yang terletak di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru pada Kamis, 18 Juli 2024.

“Alhamdulillah, hari ini kami telah memulai proyek pembangunan Jembatan Lubuak Nago,” kata Bupati dalam sambutannya di lokasi proyek.

Safaruddin menjelaskan bahwa pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lima Puluh Kota, melalui Bidang Bina Marga, merencanakan sejumlah proyek jalan dan jembatan, termasuk Jembatan Lubuak Nago.

“Pembangunan jembatan ini bertujuan untuk menggantikan jembatan lama dengan kapasitas yang lebih baik, sehingga aman dan layak digunakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Proyek jembatan ini, yang direncanakan sejak tahun 2022 oleh Wahana Indo Land, akan membangun jembatan sepanjang 25 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 5 meter dengan anggaran sebesar Rp 3.880.143.000 yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit 2024.

“Jembatan baru ini akan dibangun di samping jembatan yang ada saat ini, sehingga tidak mengganggu mobilisasi masyarakat selama proses pembangunan,” tambah Bupati.

Bupati juga mengimbau pemerintah nagari dan masyarakat setempat untuk berperan aktif dalam mengawasi dan mendukung proses pembangunan agar dapat selesai tepat waktu dan segera dimanfaatkan.

“Harapan kami, pembangunan jembatan ini akan meningkatkan sektor ekonomi, logistik, serta konektivitas dan mobilitas daerah,” ujar Bupati.

Wali Nagari Pangkalan, Rifdal Laksamono, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, mengingat jembatan ini telah lama diidamkan oleh masyarakat setempat selama lebih dari 30 tahun.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati, Safaruddin atas realisasi pembangunan jembatan ini. Masyarakat telah menunggu selama 30 tahun, dan kini harapan kami terwujud,” kata Rifdal.

Yanti (47), seorang warga setempat, juga mengungkapkan kegembiraannya.

“Jembatan ini sangat penting bagi kami sebagai jalur transportasi dan ekonomi. Terima kasih kepada Bupati Safaruddin. Akhirnya, apa yang kami idamkan selama ini akan segera terwujud,” ujarnya.

Acara peletakan batu pertama ini dihadiri oleh Kepala Bappelitbang Gusdian Laora, Kadis PUPR Nono Syukri, Kabid Bina Marga PUPR Lima Puluh Kota, Forkopimca Pangkalan Kotobaru, serta Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait