Kunjungi Pasaman Barat, BRIN Tinjau Pembuatan Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit

Tampak Direktur BRIN Dr. Oetami memperlihatkan gula merah dari batang kelapa sawit di Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kunjungi lokasi pembuatan gula merah dari batang kelapa sawit di Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (24/7/2024).

“Kedatangan kami ini, untuk melihat langsung proses pembuatan gula merah dari batang kelapa sawit, serta bertujuan untuk membantu kendala yang dihadapi oleh petani di Pasaman Barat,” kata Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Oetami Dewi.

Dalam kemajuan suatu usaha atau kegiatan kata Dr. Oetami, tentu perlu adanya sinergi antara Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi, dan BRIN dalam membuat kajian-kajian yang dibutuhkan oleh daerah.

Bacaan Lainnya

“Kami menyambut baik setiap usulan dari daerah yang memerlukan kajian dari BRIN. Daerah jangan segan untuk berkoordinasi dengan BRIN,” tegas Oetami.

Disamping itu, Asisten III Raf’an mengucapkan terima kasih atas kunjungan BRIN ke Pasbar. Perhatian Balai Riset dan Inovasi Provinsi dan BRIN dalam melakukan kajian pembuatan gula merah dari batang kelapa sawit sangat kami apresiasi.

“Kami berharap, ke depannya produksi gula merah dari batang kelapa sawit ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi petani sawit di Pasaman Barat,” kata Raf’an.

Selanjutnya dikatakan Plt Kepala Bappelitbangda Kabupaten Pasaman Barat, Dr. Ikhwanri, mengharapkan adanya kajian yang lebih mendalam oleh BRIN terhadap proses pembuatan gula merah dari batang kelapa sawit.

Karena hingga saat ini, belum ditemukan formula yang lebih tepat dan menguntungkan secara ekonomis bagi para petani pengrajin gula merah.

Meskipun telah diupayakan berbagai kajian bersama Balai Riset Provinsi Sumatera Barat, hasilnya masih belum optimal.

“Kami sudah mengusulkan kajian melalui Balai Riset Provinsi Sumatera Barat, serta sudah melakukan kunjungan ke Medan dan Bengkulu, namun belum menemukan hasil yang maksimal,” kata Dr. Ikhwanri.

Turut hadir pada kunjungan itu, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah Dr. Oetami Dewi, beserta rombongan dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatra Barat Youlius Honesti, Asisten III Setda Pasbar Raf’an, Plt Kepala Bappelitbangda Kabupaten Pasbar Dr Ikhwanri, Camat Sungai Aur M Zenni.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait