KPU Pesisir Selatan Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil PSU DPD RI, Berjalan Aman dan Lancar

KPU Pesisir Selatan Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil PSU DPD RI, Berjalan Aman dan Lancar

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu 17 Juli 2024.

Rapat yang berlangsung di Gedung Painan Convention Centre (PCC) ini dibuka oleh Ketua KPU Pessel, Aswandi, dan dihadiri oleh Bupati Pessel yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekdakab) Mawardi Roska.

Turut hadir, Waka Polres Pessel Kompol Alwi Haskar, Ketua Bawaslu Pessel Afriki Musmaidi, serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panwascam se-Pesisir Selatan.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Aswandi menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua pihak dalam menyukseskan pelaksanaan PSU DPD di Pesisir Selatan yang telah berlangsung aman dan lancar.

“Rekapitulasi yang kita lakukan hari ini merupakan tahapan penting pasca pemungutan suara PSU 2024. Kami berharap hasil rekapitulasi ini dapat disampaikan secara terbuka dan transparan untuk kepentingan semua pihak dan masyarakat umum,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa berdasarkan pengalaman rekapitulasi di tingkat kecamatan sebelumnya, pihaknya yakin proses rekapitulasi di tingkat kabupaten akan selesai dalam satu hari.

“Mengakhiri proses rekapitulasi hari ini, kami berharap besok bisa menyampaikan hasilnya ke tingkat provinsi,” tuturnya.

Sementara itu, Sekdakab Pessel Mawardi Roska menyampaikan terima kasih atas kelancaran pelaksanaan PSU DPD pasca putusan MK di daerah tersebut.

“Sebagai pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih dan berharap hasil yang dihasilkan dapat mencerminkan aspirasi masyarakat,” katanya.

Roska juga menegaskan komitmen Pessel untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat pasca PSU hingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Mendagri telah mengevaluasi kesiapan daerah, termasuk Pessel, dalam hal anggaran yang telah dialokasikan. Kami siap untuk pelaksanaan Pilkada serentak nanti,” tandasnya.

Dengan berakhirnya pelaksanaan PSU yang berjalan lancar, Roska berharap hal ini dapat menjadi contoh bagi pelaksanaan Pilkada serentak mendatang, dengan menghindari konflik potensial sekecil apa pun.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait