KPU Kabupaten Pesisir Selatan Distribusikan Logistik PSU DPD RI Sumbar

KPU Kabupaten Pesisir Selatan Distribusikan Logistik PSU DPD RI Sumbar

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), telah memulai pendistribusian logistik untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Barat 2024.

Area GOR Zaini Zein Pincuran Boga menjadi lokasi perakitan kotak suara KPU yang berlangsung pada Selasa malam, 9 Juli 2024.

Beberapa unit mobil pengangkut logistik PSU Pemilu 2024 untuk DPD RI Sumbar juga terlihat berjejer dan siap diberangkatkan untuk mengantar logistik ke berbagai kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan pendistribusian logistik tahap pertama yang kami lakukan,” ujar Syafrijal Chan, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pessel, Selasa malam.

Pada tahap pertama, logistik dikirimkan ke enam kecamatan, yaitu Air Pura, Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek Hulu Tapan, Lunang, dan Silaut.

Pendistribusian ini akan dilanjutkan pada hari berikutnya hingga 12 Juli 2024 untuk menuntaskan seluruh pengiriman logistik.

Syafrijal Chan menambahkan bahwa kegiatan pelepasan distribusi logistik PSU Pemilu 2024 (DPD RI Sumbar) turut dihadiri oleh jajaran Kepolisian, Kodim 0311, dan pihak lainnya.

Komisioner Bawaslu Pessel, Bambang Putra Niko, juga hadir untuk menjalankan tugas pengawasan.

Pelaksanaan PSU Pemilu 2024 khusus DPD Provinsi Sumatera Barat ini merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil pemilu.

Berdasarkan putusan MK Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024 tanggal 10 Juni 2024, KPU diberi waktu 45 hari kalender untuk melaksanakan PSU.

Diketahui, KPU RI telah mengeluarkan Surat Keputusan dan menetapkan hari pelaksanaan PSU DPD Provinsi Sumbar pada Sabtu, 13 Juli 2024, dengan pengumuman hasilnya dijadwalkan pada 29 Juli 2024.

PSU Pemilu 2024 DPD RI di Sumbar ini merupakan PSU dengan jumlah TPS terbanyak di Indonesia, dilaksanakan di seluruh TPS Kabupaten/Kota di Sumbar dengan total 17.569 TPS.

“Sedangkan di Kabupaten Pessel, PSU akan dilaksanakan di 1.640 TPS (seluruh TPS pemilu 2024), dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 380.662 orang,” jelas Syafrijal Chan.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait