Kota Payakumbuh Raih Juara Pertama Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi

Kota Payakumbuh Raih Juara Pertama Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi

TOPSUMBAR – Kota Payakumbuh kembali mencatat prestasi membanggakan dengan meraih Juara 1 dalam lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna kategori unggulan tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Pada ajang bergengsi Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-XXV yang diselenggarakan di Mataram pada Senin, 15 Juli 2024, Kota Payakumbuh juga berhasil mendapatkan juara harapan 1 tingkat nasional, mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam kategori yang sama.

Prestasi ini menjadi kali pertama bagi Provinsi Sumatera Barat untuk meraih juara dalam event yang sudah berlangsung selama 25 tahun.

Bacaan Lainnya

Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, secara langsung menerima lencana inisiator inovasi dan penghargaan atas kontribusi dan kerja kerasnya dalam mengembangkan Teknologi Tepat Guna (TTG) di Kota Payakumbuh.

Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof. (H.C). Dr (H.C) Abdul Halim Iskandar, M.Pd.

Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh dalam mendukung dan memotivasi pengembangan inovasi teknologi di daerah.

Diketahui, Kota Payakumbuh dikenal memiliki banyak inovasi teknologi tepat guna yang dilaporkan secara rutin melalui DPMD Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu inovasi yang mendapatkan perhatian adalah “Komba Milea” (Kompor Berbahan Bakar Minyak Jelantah Berbasis Solar Cell), yang didukung penuh oleh Pj Wali Kota Payakumbuh melalui video pendek yang ditampilkan dalam sesi penilaian.

Suprayitno, berharap kemenangan ini dapat menjadi motivasi untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kemenangan ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan Sumatera Barat. Selamat kepada para inovator kita, Afriendi, Yulia Nora, dan Ronaldi Zamora, yang telah mengharumkan nama Kota Payakumbuh di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, Yasrizal, juga menyampaikan rasa bangganya atas prestasi ini.

“Kerja keras ini merupakan hasil dari upaya semua pihak yang terlibat dalam penilaian ini. Meskipun kami tidak dapat mendampingi secara langsung, semangat kami untuk terus melakukan yang terbaik bagi pengembangan inovasi di Kota Payakumbuh tetap tinggi,” katanya.

Selain itu, pembina inovasi Teknologi Tepat Guna Kota Payakumbuh, Robby Hafanos, juga merasa bangga dengan pencapaian ini.

“Hasil hari ini menjadi batu loncatan bagi kita untuk tahun depan dan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait