Kota Padang Panjang Terima Penghargaan Koperasi dan Jambore PKK

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Padang Panjang torehkan beberapa prestasi gemilang, diantaranya, penghargaan dari Koperasi yang diterima langsung oleh Pj. Wali Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, serta Kader TP-PKK Kota Padang Panjang Sri Hidayani Sonny Budaya Putra juga berhasil memboyong 2 piala Jambore Kader PKK Berprestasi XXI-2024.

Dinilai peduli terhadap pembiayaan permodalan seperti program dana bergulir dan program subsidimargin bagi UMKM, Pemko Padang Panjang diganjar penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Hansastri kepada Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Rabu (17/7) lalu usai Upacara Hari Koperasi ke-77 Tingkat Provinsi di halaman Kantor Gubernur.

Pj Wako Sonny menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini menjadi penyemangat supaya terus berbuat lebih baik, memperluas cakupan program subsidi bagi UMKM, bekerja sama dengan Bank Nagari.

Sementara itu, Hansastri selaku Inspektur Upacara membacakan pidato dari Menteri Koperasi dan UKM RI, menyoroti peran vital koperasi dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Tema peringatan tahun ini, sebutnya, Koperasi sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi, dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil. Tema tersebut dipilih guna menggarisbawahi pentingnya koperasi, menghadapi tantangan global saat ini.

Dikatakannya, koperasi memiliki peran strategis dalam menghadapi krisis ekonomi, pangan, energi, iklim, dan geopolitik yang mempengaruhi Indonesia. Lebih dari 99 persen pelaku usaha di Indonesia berasal dari sektor usaha mikro, yang sering kali menghadapi kendala akses pembiayaan dan teknologi.

Koperasi diharapkan dapat memainkan peran penting mengonsolidasikan dan mempercepat pertumbuhan sektor ini.

“Oleh sebab itu, upaya untuk memperkuat koperasi termasuk pembiayaan yang diarahkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir serta pengembangan model korporatisasi diharapkan dapat meningkatkan skala ekonomi dan daya saing usaha mikro dan kecil,” ujar Hansastri.

Sementara itu, Kader PKK Kota Padang Panjang berhasil memboyong dua piala dalam Jambore Kader PKK Berprestasi XXI-2024 sekaligus Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang berlangsung di Alahan Panjang, Kamis (18/7/2024).

Dua prestasi tersebut, juara 2 Lomba Paduan Suara dan Harapan III dalam Lomba Memasak Menu Pangan.

Usai penyerahan hadiah, Asisten I Syahdanur didampingi Kadis Sosial PPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengucapkan selamat kepada para kader yang sudah bekerja keras dan mendapatkan hasil hari ini. Terpenting dalam kegiatan ini PKK Padang Panjang telah berpartisipasi dan mendapatkan hasil.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa membawa pulang dua piala. Tetap bersyukur, semoga tahun depan kita bisa lebih baik lagi dan membawa lebih banyak lagi kemenangan. Selain itu tujuan kita ke sini bukan untuk menang, namun untuk memeriahkan dan menjalin tali silaturahmi,” katanya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kota, Sri Hidayani Sonny, SE, Ak mengucapkan terima kasih kepada semua kader. Dari beberapa lomba, PKK Padang Panjang bisa membawa dua kemenangan kategori lomba.

“Kita sudah tampil semaksimal mungkin, Alhamdulillah bisa membawa dua piala. Meskipun hasil kurang memuaskan namun inilah hasil yang kita dapat di jambore kali ini. Tetap bersyukur dan ke depan mari kita tingkatkan lagi,” katanya.

Sri Hidayani berharap semua kader bisa lebih memperlihatkan kualitasnya lagi dan bisa melaksanakan semua program pokok PKK dengan baik. Serta bisa meraih juara umum pada jambore berikutnya.

Jambore yang digelar sejak Selasa (16/7), resmi ditutup Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, S.Sos, M.Si di Villa Danau Diateh, Kamis (18/7).

Ketua TP-PKK Provinsi, Harneli Mahyeldi menyampaikan, meskipun jambore ini selesai bukan berarti tugas para kader selesai pula. Terus tingkatkan kegiatan-kegiatan yang sangat berguna bagi keluarga dan masyarakat di daerah masing-masing. Di jambore ini semua peserta mendapatkan ilmu tambahan, karena semua kader saling belajar.

“Bagi daerah yang belum menang jangan berkecil hari, karena menang bukan tujuan dalam jambore ini. Tujuan kita adalah saling menjaga tali silaturahmi dan saling menjaga kekompakan antara kader. Serta saling mewujudkan program pokok PKK,” katanya.

(AL)

Pos terkait