Kota Bukittinggi Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Kota Bukittinggi Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menerima penghargaan bergengsi Anugerah Merdeka Belajar 2024.

Penghargaan ini diserahkan kepada Wali Kota Bukittinggi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Martias Wanto, dalam acara yang berlangsung di JCC Plenary Hall-Jakarta Convention Center, DKI Jakarta, pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Makarim, menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam meningkatkan layanan pendidikan berkualitas melalui implementasi Kebijakan Merdeka Belajar.

Bacaan Lainnya

Tujuan dari Anugerah Merdeka Belajar ini adalah untuk memberikan apresiasi serta memperkuat dukungan terhadap upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan.

“Kementerian terus mendorong Pemerintah Daerah untuk saling berbagi praktik baik dalam penyelenggaraan pendidikan dengan mengimplementasikan Kebijakan Merdeka Belajar. Pada tahun 2024 ini, sebanyak 77 nominator dari berbagai daerah telah dinilai dalam 7 kategori,” ungkap Nadiem.

Martias Wanto menyampaikan rasa bangga dan syukurnya atas prestasi ini, yang menjadikan Bukittinggi sebagai satu-satunya kota di Sumatera Barat yang meraih penghargaan dalam kategori transformasi pembelajaran.

“Kami berterima kasih kepada seluruh tim dan pihak yang telah berkontribusi dalam upaya mencapai prestasi ini. Dengan dukungan semua pihak, termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, kami berhasil memenuhi indikator yang ditetapkan untuk Anugerah Merdeka Belajar 2024,” ungkap Martias Wanto, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Herriman, serta Kabid Pendidikan Dasar, Hendri.

Transformasi Pembelajaran yang dilaksanakan di Bukittinggi memberikan pengalaman pembelajaran yang kritis dan reflektif bagi siswa, dengan guru sebagai fasilitator utama dalam proses pembelajaran.

“Kami melihat bahwa kerjasama yang solid antar berbagai elemen di Kota Bukittinggi, termasuk pengawas sekolah dan komunitas pendidik, berkontribusi besar dalam keberhasilan ini. Kami juga menerapkan berbagai inisiatif seperti pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, yang diawasi langsung oleh tim digital yang kompeten di bawah koordinasi Susan Febriani dari SMPN 4 Bukittinggi,” tambahnya.

Martias Wanto juga menekankan bahwa peran serta aktif dari Bunda Paud Kota Bukittinggi, Ibu Fiona Agita Erman Safar, telah menjadi pendorong utama dalam kesuksesan program transisi Paud ke SD yang menyenangkan di kota ini.

“Penerimaan Anugerah Merdeka Belajar ini bukan hanya prestasi bagi Pemerintah Kota Bukittinggi, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses pendidikan berkualitas bagi seluruh warga,” tutupnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait