Konjen Jepang Kunjungi Padang, Jajaki Kerja Sama di Berbagai Bidang

Konjen Jepang Kunjungi Padang, Jajaki Kerja Sama di Berbagai Bidang

TOPSUMBAR – Kota Padang tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Pemerintah Jepang di berbagai sektor, termasuk pertukaran tenaga kerja dan perencanaan master plan pengendalian banjir.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Padang, Yosefriawan, saat menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Jepang, Takonai Susumu, di Rumah Dinas Wali Kota Padang pada Selasa, 9 Juli 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Yosefriawan yang didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Padang, Yenni Yuliza, menyatakan bahwa Kota Padang memiliki potensi besar dalam sektor tenaga kerja, terutama di bidang kesehatan, namun masih menghadapi kendala dalam penempatan kerja.

Bacaan Lainnya

Yosefriawan berharap kunjungan Takonai Susumu dapat membuka peluang kerjasama yang akan memfasilitasi penempatan tenaga kerja Padang di Jepang.

“Kami ingin mengurangi tingkat pengangguran di kota ini. Peluang kerja yang tersedia di Jepang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga Padang. Kami perlu mempersiapkan tenaga kerja dengan optimal, termasuk pelatihan dan kursus Bahasa Jepang bagi calon tenaga kerja,” ujar Yosefriawan, yang juga didampingi oleh Kepala Bagian Kerja sama Setdako Kota Padang, O.S Damanik.

Selain pembahasan tentang tenaga kerja, pertemuan tersebut juga menyoroti beberapa bidang kerjasama potensial lainnya.

Salah satu topik utamanya adalah perencanaan infrastruktur yang matang untuk pengendalian banjir, serta persiapan menghadapi bencana, perubahan iklim, pengelolaan sampah, dan upaya pengurangan emisi karbon.

Sementara itu, Konjen Jepang, Takonai Susumu, menyambut baik potensi kerjasama yang dimiliki oleh Kota Padang.

Menurutnya, berbagai peluang ini dapat dibahas lebih lanjut untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, khususnya dengan Kota Padang.

“Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral dan melihat potensi kerjasama yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” kata Takonai Susumu.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait