Kembangkan Kreativitas dan Bakat Masyarakat, Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural 

Kembangkan Kreativitas dan Bakat Masyarakat, Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural 

TOPSUMBAR – Dalam rangka mengembangkan kreativitas dan bakat masyarakat Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota (Pemko) menggelar lomba mural.

Lomba mural merupakan perlombaan yang digelar oleh Pemko Payakumbuh dengan melibatkan para pelajar dan masyarakat umum.

Dalam lomba ini, para peserta akan dibebaskan untuk membuat sebuah karya dengan media cat dan dibuat di dinding yang telah ditentukan oleh Pemko Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Lokasi lomba mural ini berada di dinding pagar sekitar lapangan pacuan kuda Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Perlombaan ini terbagi dalam dua kategori yakni, umum dan sekolah. Untuk kategori umum, melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga, kampus, organisasi, dan perbankan. Pada kategori ini, tema yang diberikan sesuai dengan identitas masing-masing tanpa mengandung unsur SARA dan Pornografi.

Sedangkan pada kategori kedua yakni, sekolah yang melibatkan para pelajar untuk berkreasi dengan tema yang dekat dengan kehidupan dan budaya. Tema tersebut seperti Budaya Alam Minangkabau, Payakumbuh Bersih dan Sehat, serta Pituah Budayawan dan Sastrawan Minangkabau.

Lomba ini berlangsung dari 10 Juli hingg 1 Agustus 2024 mendatang, dengan pengumuman juara setiap kategori akan diumumkan pada 17 Agustus mendatang, bertepatan pada Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno mengungkapkan bahwa lomba mural ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi semata, melainkan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasinya melalui seni mural.

“Lomba ini merupakan komitmen dari Pemko Payakumbuh dalam mendukung dan mengembangkan kreativitas masyarakat kita. Kita berharap, hasil karya mural ini dapat memberikan inspirasi dan kontribusi yang positif bagi Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Sebagai tanda dibukanya lomba ini, Suprayitno mengayunkan kuas yang telah dicelupkan cat ke dinding pagar gelanggang pacuan kuda Kubu Gadang.

Suprayitno berharap karya yang dihasilkan dapat memiliki unsur dan makna yang positif serta menjadi inspirasi bagi generasi milenial.

“Semoga karya ini ini hanya dipandang, namun juga sarat akan makna dan pesan yang mendalam,” harapnya.

“Selamat berkarya dan semoga hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh warga Kota Payakumbuh,” tutupnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait