Kadis Kominfo Lima Puluh Kota Targetkan Peningkatan Penilaian EPSS Tahun 2024

Kadis Kominfo Lima Puluh Kota Targetkan Peningkatan Penilaian EPSS Tahun 2024

TOPSUMBAR – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lima Puluh Kota, Joni Amir, menargetkan peningkatan signifikan dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) pada tahun 2024.

Hal ini diungkapkannya dalam kegiatan Visitasi Tim Penilai EPSS yang berlangsung pada Rabu, 17 Juli 2024 di Aula Diskominfo Lima Puluh Kota.

Joni Amir menyampaikan bahwa nilai EPSS Kabupaten Lima Puluh Kota pada tahun sebelumnya tergolong rendah, sehingga menjadi tantangan bagi Diskominfo untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan koordinasi dengan BPS Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap tahun ini nilai EPSS bisa meningkat menjadi 2,5 atau lebih,” ujarnya optimis.

Diskominfo bersama dengan BPS, telah melakukan sosialisasi untuk membantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mengolah data.

“Kami berharap, terutama dari sampel Dinas Kesehatan dan Distanhortbun, data yang diinput dalam penilaian kali ini bisa lebih baik,” tambah Joni Amir.

Selain itu, ia juga menegaskan pentingnya Perpres RI No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia untuk membangun Indonesia yang lebih baik ke depan.

Visitasi ini merupakan bagian dari rangkaian penilaian EPSS yang bertujuan mendapatkan gambaran lebih lanjut tentang penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral di Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sebelumnya, telah dilakukan penilaian melalui interview oleh BPS Payakumbuh pada Juni lalu.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPS Payakumbuh, Dessi Febriyanti, perwakilan BPS Lima Puluh Kota, Bapelitbang, Dinas Kesehatan, dan Distanhortbun.

Dessi Febriyanti menjelaskan bahwa EPSS bertujuan untuk mengevaluasi kematangan penyelenggaraan statistik di pemerintah daerah dan memberikan rekomendasi untuk perencanaan pembangunan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan,” ujarnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait