Jelang Ulang Tahun, Kota Padang Raih Penghargaan sebagai Kota Wakaf 2024

Jelang Ulang Tahun, Kota Padang Raih Penghargaan sebagai Kota Wakaf 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang meraih penghargaan sebagai “Kota Wakaf Tahun 2024” dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag RI, Jakarta pada Selasa, 16 Juli 2024.

Pada kesempatan itu, Andree Algamar mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini, menurutnya penghargaan ini hanya diterima oleh 2 Kota dan 4 Kabupaten di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Selain Kota Padang, kota lain yang juga menerima penghargaan serupa adalah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Siak, Aceh Tengah, Gunung Kidul, dan Wajo.

“Alhamdulillah, menjelang HUT Kota Padang yang ke-355, kami mendapatkan penghargaan dari Kemenag RI. Kami bersyukur karena hanya dua kota yang meraih apresiasi ini,” kata Andree Algamar.

Dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI, Prof. Kamaruddin Amin, juga meluncurkan program kick-off Kota Wakaf untuk enam kabupaten/kota yang menerima penghargaan.

Prof. Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa program Kota Wakaf bertujuan untuk pemberdayaan, pengembangan, dan pengelolaan harta benda wakaf berbasis kewilayahan, dengan melibatkan Badan Wakaf Indonesia (BWI), pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

“Program Kota Wakaf adalah inisiatif kolaboratif antara Kementerian Agama, BWI, Baznas, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya. Kami berharap kota dan kabupaten yang terpilih sebagai pilot project ini dapat memimpin dalam Gerakan Indonesia Berwakaf ke depan,” jelas Prof. Kamaruddin Amin.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait