Jelang PSU DPD Sumbar, KPU Pesisir Selatan Musnahkan 749 Surat Suara Lebih

Jelang PSU DPD Sumbar, KPU Pesisir Selatan Musnahkan 749 Surat Suara Lebih

TOPSUMBAR – Satu hari menjelang Pemilihan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melaksanakan pemusnahan 749 lembar surat suara yang tidak terpakai.

Pemusnahan ini berlangsung pada Jumat, 12 Juli 2024 di halaman Kantor KPU Pessel, dipimpin oleh Ketua KPU Pessel, Aswandi, dan didampingi anggota komisioner KPU lainnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Pessel, AKBP Nurhadiansyah; Dandim 0311 Pessel, Letkol Inf Ery Partahi H Siregar, didampingi Dan Unit Intel, Lettu Inf Rusdi Antoni; Anggota Bawaslu Pessel, Nurmaidi dan Syauqi Fuadi; serta Sekretaris KPU Pessel, Afnel Suryasman, bersama berbagai pihak terkait.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Pessel, Aswandi, menyatakan bahwa pemusnahan surat suara ini sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 1395 Tahun 2023.

Keputusan tersebut menginstruksikan kepada KPU kabupaten/kota untuk memusnahkan surat suara yang rusak dan berlebih satu hari sebelum pemungutan suara ulang.

“Pemusnahan surat suara di KPU Pessel ini kita lakukan pada Jumat, 12 Juli 2024 pukul 14.00 WIB. Lalu besok, Sabtu 13 Juli 2024 pukul 07.00 WIB, masyarakat akan melakukan pencoblosan di TPS masing-masing,” ujar Aswandi.

Ia menjelaskan bahwa pemusnahan surat suara ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah potensi kecurangan dan memastikan keadilan dalam proses pemilihan.

“Melalui pemusnahan ini, surat suara yang rusak dan berlebih tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan berdasarkan berita acara nomor 182/PP.08.-/1304/2024 tentang pemusnahan kelebihan surat suara PSU DPD Provinsi Sumatera Barat Pemilu 2024 di Kabupaten Pesisir Selatan.

Aswandi menambahkan bahwa PSU ini dilaksanakan di 1.640 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 380.662 orang.

“Sebagai lembaga penyelenggara Pemilu di daerah, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Berkat dukungan semua pihak, semua tahapan dapat berjalan dengan sukses dan lancar hingga saat ini. KPU Pessel juga berkomitmen menjaga integritas dan selalu transparan dalam setiap tahapan Pemilu,” tutupnya.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait