Jelang Perayaan Pesona Hoyak Tabuik 2024, Yota Balad Buka Rakor Tim Pora Kota Pariaman

Jelang Perayaan Pesona Hoyak Tabuik 2024, Yota Balad Buka Rakor Tim Pora Kota Pariaman

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yota Balad, secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kota Pariaman di Ruang Pertemuan Nan Tongga Hotel, Selasa 9 Juli 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah Sumatera Barat, melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang.

Dalam sambutannya, Yota Balad menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut dan berterima kasih kepada pihak penyelenggara.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan pentingnya pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) yang melakukan berbagai kegiatan di wilayah hukum Indonesia, khususnya di Kota Pariaman, mengingat kota ini akan menjadi tuan rumah acara besar Pesona Hoyak Tabuik Tahun 2024.

“Keberadaan WNA yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian dari semua pihak, terutama di Kota Pariaman. Oleh karena itu, koordinasi antarinstansi terkait untuk menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing sangat penting,” ujar Yota Balad.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara OPD, TNI-Polri, dan Kantor Imigrasi dalam menjaga dan mengontrol aktivitas orang asing di Kota Pariaman.

Ia mengimbau seluruh peserta rakor untuk saling berkoordinasi, bertukar informasi, serta bersinergi dalam pengawasan orang asing yang masuk ke wilayah tersebut.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Novianto Sulastono, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkuat koordinasi terkait pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing.

Rakor ini merupakan agenda rutin tahunan yang berpedoman pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yang mengamanatkan pembentukan Tim Pora di tingkat pusat maupun daerah.

“Kota Pariaman merupakan wilayah yang rentan dimasuki orang asing karena geografisnya yang berbatasan langsung dengan laut. Rapat ini penting untuk mendengarkan masukan dan aspirasi dari berbagai pihak terkait peningkatan pengawasan terhadap orang asing,” kata Novianto.

Ia juga menekankan pentingnya Pemerintah Kota Pariaman untuk terus memperkuat koordinasi dengan Forkopimda, Imigrasi, dan masyarakat dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“Dengan rapat ini, diharapkan semua anggota Tim Pora dapat menyamakan persepsi sehingga dapat mengumpulkan data dan informasi tentang keabsahan dan kegiatan orang asing di Kota Pariaman sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait