Hari Puncak Tabuik Piaman 2024, Masyarakat dan Pengunjung Padati Prosesi Tabuik Naik Pangkek

Hari Puncak Tabuik Piaman 2024, Masyarakat dan Pengunjung Padati Prosesi Tabuik Naik Pangkek

TOPSUMBAR – Prosesi Tabuik Naik Pangkek dalam rangkaian Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 berhasil menarik perhatian masyarakat dan pengunjung pada Minggu, 21 Juli 2024.

Kedua tabuik, yakni Tabuik Subarang dan Tabuik Pasa, menjalani prosesi “naik pangkek” dengan waktu yang berbeda.

Tabuik Subarang melaksanakan prosesi di Simpang Tugu Tabuik sekitar pukul 07.00 WIB, sedangkan Tabuik Pasa di depan Pasar Pariaman sekitar pukul 08.00 WIB.
Banyak masyarakat dan pengunjung dari berbagai lapisan yang antusias menyaksikan prosesi tersebut.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024, Firman Syakri Pribadi, menjelaskan bahwa persiapan jelang prosesi Tabuik Naik Pangkek dimulai sejak pukul 06.00 WIB.

Kedua anak tabuik, baik dari Tabuik Pasa maupun Tabuik Subarang, sudah bersiap membawa bagian fisik tabuik, yaitu pangkek atas dan pangkek bawah, ke lokasi masing-masing.

“Menjelang prosesi Tabuik Naik Pangkek, anak Tabuik Subarang memasang sejumlah pernak-pernik seperti burung tabuik, bunga puncak, dan bunga salapan. Setelah semua hiasan terpasang, kedua bagian tabuik direbahkan dan disorongkan secara seksama. Proses ini berlangsung cukup lama, sekitar 15 menit,” ujarnya.

Setelah prosesi Tabuik Naik Pangkek selesai, Firman Syakri Pribadi, yang akrab disapa Ajo Fe, menambahkan bahwa prosesi akan dilanjutkan dengan acara Hoyak Tabuik, yang juga diharapkan dapat menarik banyak perhatian dari masyarakat dan pengunjung.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait