Hadiri Pelantikan Pengurus HMI dan KOHATI Cabang Payakumbuh Lima Puluh Kota, Suprayitno Ajak Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Hadiri Pelantikan Pengurus HMI dan KOHATI Cabang Payakumbuh Lima Puluh Kota, Suprayitno Ajak Tingkatkan Kualitas Pendidikan

TOPSUMBAR – Bertempat di aula pertemuan Ngalau Indah lantai III kantor Wali Kota Payakumbuh, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan KOHATI cabang Payakumbuh Lima Puluh Kota periode 2024-2025 pada Jumat, 12 Juli 2024.

Mengusung tema “Khittah HMI dalam Aktualisasi Nilai Dasar Perjuangan (NDP) Sebagai Organisasi Kader untuk Keumatan dan Kebangsaan,” pelantikan tersebut dihadiri oleh para alumni HMI, termasuk Khairul Ikhwan (Dirut PAMTIGO), Fambo (Komisioner KPU Kota Payakumbuh), dan Ridho Untung.

Setelah resmi dilantik, Suprayitno mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus HMI Payakumbuh Lima Puluh Kota yang terpilih, berharap mereka dapat menjalankan amanah dengan baik.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Suprayitno menceritakan sedikit tentang sejarah HMI yang dibentuk di Yogyakarta pada 14 Rabiul Awal 1366 H atau 5 Februari 1947 oleh Lafran Pane dan 14 mahasiswa Sekolah Tinggi Islam, yang sekarang dikenal sebagai Universitas Islam Indonesia. Menurutnya, HMI telah mencatat sejarah penting dalam dunia perguruan tinggi.

“Bertolak dari sejarah ini, kita sangat mengharapkan peran serta HMI Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota dapat menjalankan amanah sesuai dengan tujuan berdirinya HMI, yaitu mempertahankan Negara Republik Indonesia, meningkatkan martabat rakyat Indonesia, serta menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam,” ungkap Suprayitno.

Suprayitno menekankan bahwa saat ini HMI Kota Payakumbuh banyak berperan dalam berbagai bidang, terutama pendidikan.

Ia berpesan kepada seluruh pengurus HMI yang telah dilantik agar memberikan kontribusi dan berperan aktif dalam mewujudkan kualitas pendidikan di daerah.

“Untuk mewujudkan kualitas pendidikan sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu, kami harapkan HMI Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota dapat bersinergi dengan pihak-pihak terkait guna meningkatkan kualitas pendidikan serta berkontribusi dalam pembangunan dari segala aspek, terutama pendidikan,” tambahnya.

Suprayitno berharap HMI dapat menumbuhkan panggilan jiwa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Dalam mendukung kualitas dan mutu pendidikan yang baik, Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Pendidikan merupakan kata kunci dalam peningkatan IPM. Oleh karena itu, ke depan tidak boleh ada lagi masyarakat yang tidak bersekolah atau putus sekolah, dan kita mendorong masyarakat untuk menempuh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Manfaatkanlah kampus-kampus berkualitas yang ada di daerah kita,” ujarnya.

HMI dan KOHATI Cabang Payakumbuh Lima Puluh Kota periode 2024-2025 dipimpin oleh Hasanah Putri Daulay (Ketua Umum), Julyadi (Sekretaris Umum), dan Nurjanah (Bendahara Umum).

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait