Evaluasi Kinerja Triwulan I 2024, Pemko Padang Matangkan Laporan untuk Kemendagri

Evaluasi Kinerja Triwulan I 2024, Pemko Padang Matangkan Laporan untuk Kemendagri

TOPSUMBAR – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Yenni Yuliza, menyatakan bahwa pihaknya bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang sedang menyusun laporan capaian kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, untuk Triwulan I tahun 2024.

Laporan ini akan dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 19 Agustus mendatang.

Untuk memastikan penyusunan laporan tersebut dapat maksimal, pada Jumat 5 Juli 2024 dilaksanakan rapat gabungan yang dipimpin oleh Asisten III Setdako Pemko Padang, Corri Saidan, di Gedung Putih.

Bacaan Lainnya

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, didampingi Pj Sekda Kota Padang, Yosefriawan.

Yenni Yuliza menjelaskan sejumlah pokok penting yang mesti dilaporkan dalam capaian kinerja tersebut.

Bappeda Kota Padang berusaha maksimal memastikan kinerja Pj Wako Padang, yang sudah sangat baik dalam menjalankan tugas, dapat terlaporkan dengan sangat baik juga.

Dalam paparannya, Yenni Yuliza menyampaikan bahwa dalam bidang kesehatan, Pemko Padang fokus pada penanganan stunting dari hulu ke hilir.

“Di bidang pendidikan, terdapat inovasi yang melibatkan 22 satuan pendidikan swasta, menunjukkan komitmen Kota Padang untuk mendukung perkembangan pendidikan swasta,” ujarnya.

“Sedangkan di bidang infrastruktur, pemeliharaan jalan oleh Pemko Padang sudah mencapai kemantapan hingga 88,979 persen, mendekati target nasional sebesar 88,98 persen,” tambahnya.

Selain itu tambahnya, penanganan pengelolaan sampah melalui penertiban TPS liar dan peningkatan sistem penyediaan air minum dengan 77,83 persen penduduk memiliki sanitasi layak hingga Mei 2024, juga dibahas.

Pembahasan lainnya meliputi pengelolaan DAS (sistem drainase dan permukiman), irigasi primer dan sekunder, serta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Padang.

Pemko Padang juga memberikan kemudahan dalam pengurusan pelayanan publik dan inovasi perizinan berusaha.

Andree Algamar menegaskan bahwa laporan capaian kinerja harus memuat 111 indikator penilaian yang sudah ditetapkan oleh Kemendagri serta 10 indikator Prioritas Presiden.

“Laporan memuat program prioritas dan fokus utama yaitu bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Kita harus evaluasi lebih lanjut, semua data dan program inovasi harus dimuat dalam laporan,” ujarnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait