Evaluasi Indeks Inovasi Daerah, Gubernur Sumbar Tekankan Integritas dan Kecepatan

Evaluasi Indeks Inovasi Daerah, Gubernur Sumbar Tekankan Integritas dan Kecepatan

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menekankan bahwa niat baik adalah fondasi utama dalam menghadirkan inovasi di pemerintahan.

Inovasi bertujuan untuk memberikan kinerja dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur saat memberikan arahan pada Rapat Evaluasi Pengukuran Indeks Inovasi Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) sekaligus Penandatanganan Komitmen Bersama Pengukuran Penilaian Inovasi Daerah Tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh OPD di lingkup Pemprov Sumbar pada Selasa, 16 Juli 2024 di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Inovasi harus memudahkan pelayanan, menghemat biaya, dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Inovasi yang baik harus dimulai dengan niat yang baik, sehingga tidak asal-asalan,” ucap Gubernur dalam arahannya.

Gubernur juga menekankan bahwa inovasi harus menyelesaikan masalah, bukan menambah kerumitan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, menurutnya ketepatan waktu dalam menerapkan inovasi juga harus diperhatikan.

“Jangan sampai urusan dengan pemerintah membuat masyarakat semakin rumit. Inovasi jangan memperburuk keadaan. Niat baik adalah kunci utama dalam berinovasi,” ujarnya.

Di lingkup Pemprov Sumbar, seluruh Pejabat Eselon III diwajibkan untuk memiliki minimal satu inovasi yang matang setiap tahunnya.

Meski indeks inovasi Sumbar terus naik, peringkatnya tidak meningkat pesat karena daerah lain meraih skor yang lebih baik.

“Tahun 2021, indeks inovasi daerah kita meraih skor 61,13 dan menempati peringkat 6 nasional. Tahun 2022, meraih skor 70,49 dan tetap di peringkat 6 nasional. Tahun 2024, skor meningkat menjadi 71,99 dan menempati peringkat 5 nasional,” ujar Gubernur.

Gubernur mengingatkan bahwa tidak boleh ada satu pun OPD yang tidak menginput inovasi.

Selain itu, jumlah inovasi yang diinput harus terus meningkat setiap tahun, dan kematangan inovasi juga harus diperhatikan.

“Terkait penginputan ini, jangan lambat, jangan menghambat. Ini harus diterapkan di seluruh OPD,” ajaknya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait