DPU Sumbar Percepat Penanganan Kerusakan Jalan di Kabupaten Pasaman Barat

DPU Sumbar Percepat Penanganan Kerusakan Jalan di Kabupaten Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Sumatera Barat Bidang Bina Marga melakukan pemeliharaan jalan berlubang di ruas jalan Air Balam – Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (19/7/2024).

Kepala Bidang Bina Marga DPU Sumbar, Adratus Setiawan, ST melalui pengawas lapangan, Mursal, mengatakan pemeliharaan tersebut untuk mempertahankan jalan agar tetap dalam kondisi terawat dengan baik.

Karena itu, Mursal menjelaskan jika ada kerusakan jalan berupa lubang jalan yang dibiarkan maka akan terus bertambah luas lubangnya dan mempercepat kerusakan jalan.

Bacaan Lainnya

Sehingga dilakukanlah penanganan kerusakan dengan metode patching  yaitu menambal lobang dengan material aspal.

“Pemeliharaan yang kami lakukan di ruas Air Balam – Air Bangis itu kerusakannya ditangani dengan menambal lubang tersebut dengan aspal sehingga lubangnya tertutup kembali sehingga mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” jelas Mursal saat ditemui di lokasi kerja.

Selama ini kata Mursal, sebelum melakukan pemeliharaan jalan, kita melakukan survey kerusakan jalan terlebih dahulu untuk mendata jalan yang akan dilakukan pemeliharaan, lalu disusun jadwal untuk dilakukan kegiatan pemeliharaan tersebut.

Namun, untuk kondisi kerusakan jalan yang darurat ataupun menindaklanjuti laporan dari masyarakat itu akan  dilakukan penanganan kerusakan jalan sesegera mungkin.

Tidak hanya itu, Mursal mengungkapkan bahwa Dinas PU kadang kala diharuskan melakukan penanganan jalan berlobang di ruas-ruas jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Pasaman Barat.

“Di Kabupaten Pasaman Barat ini ada 3 ruas jalan Provinsi Sumatera Barat seperti Ruas Air Balam – Air Bangis, Simpang Empat – Sasak dan Simpang Empat – Talu. Ketiga ruas jalan itu akan selalu diawasi dan dilakukan pemeliharaan,” ucapnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait