Diskusi Strategis: Bupati Agam dan PERHIPTANI Bahas Musda ke-III dan Strategi Pemasaran Pertanian

Diskusi Strategis Bupati Agam dan PERHIPTANI Bahas Musda ke-III dan Strategi Pemasaran Pertanian

TOPSUMBAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian (PERHIPTANI) mengadakan audiensi dengan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, di Rumah Dinas Bupati Agam, Lubuk Basung pada Selasa, 9 Juli 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas rencana pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-III PERHIPTANI DPD Agam tahun 2024 dan peluang pemasaran produk pertanian.

Kepala Dinas Pertanian, Ir Arief Restu MSi, menjelaskan bahwa PERHIPTANI merupakan organisasi profesi penyuluh yang berlandaskan keilmuan, kekahlian, persaudaraan, kemasyarakatan, dan kemandirian, serta tidak berafiliasi dengan organisasi politik.

Bacaan Lainnya

“Anggota PERHIPTANI terdiri dari Penyuluh Pertanian PNS, PPPK, THL, dan Penyuluh Pertanian Swadaya,” ujarnya.

Masa aktif kepengurusan PERHIPTANI periode 2018-2023 telah berakhir dan akan dilantik ulang oleh Bupati Agam.

“Anggota yang akan dilantik antara lain 53 PPL PNS, 26 PPPK, 12 THL, dan 222 Penyuluh Swadaya yang berasal dari petani sekitar,” jelas Arief.

Pemilihan DPD baru PERHIPTANI akan diadakan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, dengan agenda pada akhir bulan Juli ini.

Selain itu, para penyuluh meminta Bupati Agam untuk mendirikan Outlet Sayur Prima 2 dan Prima 3 sebagai komitmen Pemda Agam dalam pemasaran hasil pertanian dengan pewisata.

Arief juga menyampaikan bahwa Bupati Agam menyambut baik usulan tersebut.

Dalam diskusinya, Bupati Agam dan para penyuluh pertanian membahas rencana kerja PERHIPTANI.

Arief menambahkan, bahwa Fokus utama dalam pembahasan ini salah satunya ialah meningkatkan pengelolaan pemasaran produk Sayur Prima 2 dan 3.

Hal ini dilakukan agar para petani dapat memperoleh harga jual yang lebih tinggi dari biasanya.

“Kami berharap dengan adanya peningkatan ini, kesejahteraan para petani di Kabupaten Agam akan menjadi semakin baik,” harapnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait