Dinas SDA dan BK Sumbar Alokasikan Dana Rp 2,4 Miliar untuk Pengaman Tebing Sungai Batang Pasaman di Pasaman Barat

Dinas SDA dan BK Sumbar Alokasikan Dana Rp 2,4 Miliar untuk Pengaman Tebing Sungai Batang Pasaman di Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (SDA dan BK) Provinsi Sumatera Barat anggarkan dana Rp 2 Milyar lebih untuk pengokohan tebing Sungai Batang Pasaman di Nagari Air Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

Pembangunan pengaman tebing sungai ini dilakukan, mengingat semakin parahnya erosi sungai di daerah itu, bahkan ada beberapa rumah di daerah tersebut ambruk dan terancam.

Kepala Dinas SDA dan BK Sumatera Barat melalui Sekretaris, Ahdiarsyah, ST. MT mengatakan untuk pembangunan tebing sungai di Nagari Aia Gadang, Pasaman Barat itu digelontorkan anggaran sebesar Rp 2.402.036.100 sesuai dengan nilai kontrak yang tertera.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini kita membangun pengaman tebing sungai Batang Pasaman, karena beberapa lokasi di bantaran sungai sudah menimbulkan erosi, yang sudah merobohkan rumah dan kondisi mengancam rumah masyarakat,” ungkapnya, Saptu (6/7/2024).

Untuk proses kegiatan, kata dia, sudah dimulai, baik persiapan maupun menghadirkan batu berukuran besar untuk pengaman tebing sungai. Terkait ukuran batu, tentu sesuai spek teknis yang ada.

Pembangunan yang dimulai pada 22 mei lalu, kata dia, saat ini sedang berlangsung. Ia berharap pekerjaan ini sesuai dengan waktu yang diberikan kepada pelaksana kegiatan yaitu CV Bintang Lintas Indonesia.

“Semoga, kegiatan ini lancar dan selesai tepat waktu. Agar, kedepan tidak ada kendala dalam melanjutkan pembangunan. Apalagi, perkuatan tebing ini tidak cukup dengan anggaran sekarang saja. Karena, panjang yang harus ditangani demi keselamatan masyarakat mencapai 500 meter,” terangnya.

Untuk kegiatan itu, kata dia, dilakukan menggunakan anggaran tanggal darurat Dinas SDA dan BK Provinsi Sumatera Barat. Semoga, tahun depan anggarannya lebih besar lagi.

“Kita minta kepada rekanan CV Bintang Lintas Indonesia agar bekerja maksimal dan tepat waktu. Agar, kedepan pembangunan ini berlanjut dengan tidak ada kendala. Begitu juga diharapkan kepada masyarakat sekitar agar mendukung kegiatan ini, demi kesuksesan pembangunan kedepan,” harapnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait