Deklarasi Damai di Lubuk Kilangan: Organisasi Kemasyarakatan Bersatu Tolak Kekerasan

Deklarasi Damai di Lubuk Kilangan Organisasi Kemasyarakatan Bersatu Tolak Kekerasan

TOPSUMBAR – Sejumlah organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, insan kebencanaan, Bundo Kanduang, dan tokoh masyarakat Lubuk Kilangan mengadakan deklarasi damai di depan Kantor Camat Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Deklarasi ini bertujuan untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan kedamaian di lingkungan Kota Padang, khususnya di Lubuk Kilangan.

“Kami tergabung dalam semua elemen organisasi yang ada di Lubuk Kilangan sangat anti terhadap aksi tawuran dan kekerasan. Dengan harapan, setelah kami melaksanakan deklarasi damai ini, tidak ada lagi yang melakukan aksi tawuran dan kekerasan di lingkungan manapun, khususnya di Lubuk Kilangan,” ujar Ketua PK-KNPI Lubuk Kilangan, M. Kevin Yassa Adha pada Sabtu, 27 Juli 2024 malam.

Bacaan Lainnya

Isi deklarasi damai tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, musyawarah untuk mufakat, pluralitas, persatuan, dan kesatuan dalam semangat kekeluargaan dan kebersamaan yang harmonis.
  2. Menolak dengan keras segala bentuk kekerasan dan tawuran di Kecamatan Lubuk Kilangan dalam bentuk dan alasan apapun juga.
  3. Mensupport dan mendukung penuh pihak kepolisian dan TNI dalam memberantas tawuran, balap liar, bullying, dan penyalahgunaan narkoba di Lubuk Kilangan.
  4. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap putra-putrinya agar tidak terlibat atau terkontaminasi dalam aksi tawuran, balap liar, bullying, dan penyalahgunaan narkoba di Lubuk Kilangan serta selalu berpikir, berkata, dan bertindak dengan akhlak dan menurut ridho Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah pembacaan deklarasi, seluruh elemen organisasi di Lubuk Kilangan menandatangani fakta integritas untuk menolak aksi-aksi yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan di Kecamatan Lubuk Kilangan.

Organisasi-organisasi yang turut mendukung deklarasi ini meliputi Karang Taruna, PK-KNPI, PPM, Pemuda Pancasila, Pemuda Muhammadiyah, Komunitas Peduli Sungai, Ikatan Pemuda Kelurahan Indarung, Ikatan Pemuda Kelurahan Padang Besi, LPM, Pramuka dari Dewan Kerja Ranting Luki, Srikandi Luki, Bundo Kanduang, serta insan kebencanaan seperti Kampuang Siaga Bencana, Tagana, Komunitas Rimba Indarung, dan PMI.

Deklarasi ini juga disaksikan langsung oleh Polsek Lubuk Kilangan, Danramil, Camat Lubuk Kilangan, DPRD Kota Padang, beserta lurah se-Kecamatan Lubuk Kilangan dan PD Pemuda Panca Marga Provinsi Sumbar.

“Kami juga melakukan sosialisasi menggunakan pengeras suara di mobil dan motor serta memasang spanduk deklarasi di tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan. Kami mendukung penuh Polda Sumbar, khususnya Polsek Lubuk Kilangan, untuk menindak tegas para pelaku tawuran guna menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban,” tegas Ketua PK-KNPI Lubuk Kilangan tersebut.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait