Bupati Lima Puluh Kota Tekankan Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Perayaan Khatam Al-Quran di Parumpuang

Bupati Lima Puluh Kota Tekankan Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Perayaan Khatam Al-Quran di Parumpuang

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menekankan pentingnya kecerdasan spiritual bagi generasi muda melalui pemahaman dan pedoman dari kitab suci Al-Quran.

Selain mengasah kecerdasan intelektual dan emosional, kecerdasan spiritual dinilai sangat penting dalam era digitalisasi saat ini yang rentan terhadap pengaruh negatif pada anak-anak.

Dalam sambutannya saat membuka perayaan Khatam Al-Qur’an di Masjid Darul Falah, Jorong Parumpuang, Nagari Koto Baru Simalanggang pada Minggu, 30 Juni 2024, Safaruddin mengingatkan generasi muda dan orang tua untuk menyeimbangkan ketiga kecerdasan tersebut demi membentuk generasi Lima Puluh Kota yang Madani dan berpedoman pada Al-Quran.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Lima Puluh Kota Hendri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Syukraldi Arlen, Camat Payakumbuh Wifrianto, Wali Nagari Koto Baru Simalanggang Rezki Yuanda Putra, serta unsur-unsur Forkopimca, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan tokoh masyarakat.

Safaruddin juga memberikan apresiasi tinggi atas kesuksesan pelaksanaan Khatam Al-Quran ini.

“Semoga pelaksanaan Khatam Al-Quran ini semakin memotivasi anak-anak untuk lebih giat mengaji, bahkan ke depannya bisa menjadi penghafal Al-Quran yang handal dan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan keagamaan.

“Salah satu kebijakan ke depan adalah setiap siswa SD dan SMP di Lima Puluh Kota harus hafal minimal Juz 30. Di akhir tahun 2024, kami juga akan merilis data sekolah yang telah melaksanakan wisuda tahfidz di Lima Puluh Kota. Program ini perlu diterapkan di tingkat UPTD SD maupun SMP,” tambahnya.

Safaruddin juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten telah memprogramkan pemberian honor serta pembayaran premi BPJS Ketenagakerjaan bagi guru MDTA dan Garim Masjid dengan biaya yang ditanggung oleh pemerintah.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait