Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Apel Akbar 1 Muharram 1446 H dengan Ribuan Santri MDTA

Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Apel Akbar 1 Muharram 1446 H dengan Ribuan Santri MDTA

TOPSUMBAR – Ribuan santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dari seluruh Kabupaten Lima Puluh Kota memadati lapangan Kantor Bupati pada Minggu pagi, 7 Juli 2024.

Kegiatan ini dalam rangka untuk mengikuti Apel Akbar dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah.

Bupati Lima Puluh Kota, H. Safaruddin Dt Bandaro Rajo, bertindak sebagai pembina apel yang juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota, Irwan, Plt. Asisten I Eki Hari Purnama, pimpinan OPD, kepala KUA se-Kabupaten Lima Puluh Kota, pimpinan ormas, serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Muhammad Aska Al-Rasyid dari MDTA Al-Ma’arif Purwajaya, Nagari Sarilamak, yang bercita-cita menjadi Presiden Republik Indonesia di masa depan, bertugas sebagai komandan apel.

Dalam kesempatan tersebut, Safaruddin juga mengukuhkan pengurus Lembaga Didikan Subuh (LDS) Lima Puluh Kota dan secara simbolis menyerahkan kartu BPJS kepada 3.284 Guru TPQ, Guru MDTA, Guru Surau, serta Garin/Imam Masjid se-Lima Puluh Kota.

Dalam amanatnya, Safaruddin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bekerja keras untuk suksesnya pelaksanaan Apel Akbar 1 Muharram 1446 H.

Ia menekankan pentingnya peringatan tahun baru Islam ini sebagai momen penguatan nilai dan makna hijrah.

“Peringatan ini bukan hanya seremonial, tetapi juga merupakan upaya untuk menguatkan nilai dan makna hijrah,” jelas Safaruddin.

Selain itu, Safaruddin juga menyoroti program “Satu Jorong Satu MDTA” sebagai komitmen pemerintah daerah dan Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas generasi muda yang berakhlak mulia.

“Pemerintah Daerah bersama Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas generasi muda yang berakhlak mulia, salah satunya melalui program Satu Jorong Satu MDTA. Saya minta seluruh jajaran Pemerintah Daerah untuk proaktif dan bahu-membahu demi kesuksesan program tersebut,” tegasnya.

Safaruddin juga mengingatkan pentingnya substansi peringatan 1 Muharram, yakni kemampuan untuk hijrah secara holistik dan menjadikan setiap hari lebih baik dari hari sebelumnya.

“Saya yakin santri MDTA merupakan pribadi-pribadi agung yang dipersiapkan untuk menjadi bagian dari generasi Emas Indonesia 2045,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota, H. Irwan, menyampaikan bahwa Apel Akbar 1 Muharram 1446 H merupakan momentum untuk introspeksi sekaligus proyeksi penguatan program keagamaan ke depan.

“Atas nama pribadi dan pimpinan lembaga, saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung seluruh program keagamaan demi terwujudnya Lima Puluh Kota Madani,” ujar H. Irwan.

Terkait program Satu Jorong Satu MDTA, H. Irwan memastikan bahwa pihaknya akan berada di garis depan untuk mewujudkannya.

“Saya tegaskan kepada kepala KUA dan penyuluh agama agar menjadi lokomotif utama di tengah-tengah masyarakat dalam mensukseskan program strategis yang diluncurkan hari ini,” tegasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait