BUMNag Desa Baru Jaya Pasaman Barat Raih Juara 1 Ketahanan Pangan Sumatera Barat

BUMNag Desa Baru Jaya Pasaman Barat Raih Juara 1 Ketahanan Pangan Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Kabupaten Pasaman Barat kembali meraih prestasi di bidang ketahanan pangan di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Yang mana, prestasi itu diraih oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Desa Baru Jaya, Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan dalam Usaha Pengelola Padi.

Kali ini, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Desa Baru Jaya, Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan sebagai wakil Kabupaten Pasaman Barat meraih juara 1 Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Nagari, Defi Irawan mengatakan prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi BUMNag lainnya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat untuk terus mengembangkan potensinya.

“Prestasi yang diraih oleh BUMNag Desa Baru Jaya ini dapat menjadi pemicu bagi BUMNag serta lembaga masyarakat yang ada di nagari untuk terus berbenah dan mengembangkan potensi yang ada sehingga dapat memberi dampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Defi, Saptu (27/7/2024).

Tujuan BUMNag itu kata defi, seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa/nagari, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa/nagari.

BUMNag merupakan lembaga ekonomi di nagari yang memiliki peran sebagai wadah kegiatan usaha masyarakat dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nagari dan menangani kemiskinan di nagari tersebut.

Selain itu juga, untuk mengembangkan rencana kerja sama usaha antar nagari dan/atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nagari, dan meningkatkan pendapatan masyarakat nagari dan pendapatan asli nagari.

Lebih lanjut, Direktur Bumnag Desa Baru Jaya, Hadi Saputra bersyukur dengan prestasi yang dicapai oleh organisasi yang dipimpinnya ini.

Ia juga mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mengantarkan BUMNag Desa Baru Jaya juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten Pasaman Barat melalui BUMNag Desa Baru Jaya Kecamatan Ranah Batahan sebelumnya telah melalui rangkaian penilaian baik secara administrasi maupun verifikasi lapangan oleh juri berkompeten yang berasal dari berbagai instansi pemerintah dan perbankan.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait