BPBD Pasaman Barat Ajak Warga Waspadai Karhutla dan Tidak Membakar Lahan Selama Musim Kemarau

BPBD Pasaman Barat Ajak Warga Waspadai Karhutla dan Tidak Membakar Lahan Selama Musim Kemarau

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pemkab Pasbar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewaspadai terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla). Mengingat saat ini Sumbar tengah memasuki musim kemarau.

“Kita selalu melakukan pengawasan dan patroli ke lapangan memantau situsi dan mengantisipasi adanya terjadinya kebakaran. Kita juga selalu mensosialisasikan kepada warga, agar jangan melakukan pembakaran lahan,” kata Kepala BPBD Pasbar, Jhon Edwar, Senin (29/7/2024) melalui siaran persnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihak pemeritah sendiri sudah siaga sejak beberapa minggu yang lalu. Karena, siap siaga tersebut sangat diperlukan sebagai langkah dalam menghadapi musim kemarau ini.

Bacaan Lainnya

“Jadi semua peralatan juga sudah kita standby kan, dan kita selalu berkoordinasi dengan pihak Pemadam Kebakaran Pasaman Barat,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun belum ada nampak terjadinya kebakaran lahan di Pasaman Barat, namun tetap harus diwaspadai dan diantisipasi.

Mengingat disaat musim kemarau ini biasanya cukup banyak warga yang memanfaatkannya untuk membersihkan lahan dengan membakar.

“Hingga saat ini memang belum ada terjadinya Karhutla. Namun pemantauan dan sosialissi harus tetap kita laksanakan, jika tidak masyarakat awam yang tidak mengerti tentang aturan Karhutla bisa saja melakukan pembakaran lahan,” ucapnya.

Ia berharap, semua pihak bisa melakukan kerjasama agar tidak terjadi Karhutla di Pasaman Barat. Ia juga berharap, pihak pemerintah kecamatan dan nagari senantiasa membantu mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada warga di wilayahnya masing-masing.

“Kita juga meminta kepada para camat, dan nagari, mohon dukungannya untuk menghimbau dan mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakatnya,” pungkasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait