Baznas Bukittinggi Salurkan Dana Zakat untuk 76 Mustahik Melalui Berbagai Program

Baznas Bukittinggi Salurkan Dana Zakat untuk 76 Mustahik Melalui Berbagai Program

TOPSUMBAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi kembali menyalurkan dana zakat kepada 76 mustahik di Kota Bukittinggi pada Jumat, 19 Juli 2024.

Penyaluran ini dilakukan melalui tiga program utama yakni, Bukittinggi Sehat, Bukittinggi Peduli, dan Bukittinggi Cerdas.

Acara penyaluran tersebut berlangsung di aula kantor Baznas Bukittinggi dan diserahkan secara simbolis oleh Ketua Baznas Bukittinggi, Adi Syahmial Angku Mahmud, bersama Ketua II Bidang Pendistribusian, Joni Aswan, serta Ketua IV Bidang SDM, Umum, dan Humas, Asrial Gindo.

Bacaan Lainnya

Sebelum penyaluran dana zakat, Ketua Baznas Kota Bukittinggi, Edi Syahmian, memberikan tausiah kepada para mustahik.

Dalam tausiahnya, Edi mengingatkan pentingnya membekali diri dengan takwa dalam menghadapi kehidupan, yang ia anggap dapat membantu mengatasi berbagai kesulitan dan masalah hidup.

Edi juga mendorong para mustahik untuk melakukan hijrah, yang ia definisikan sebagai peningkatan kualitas keimanan dengan mendekatkan diri kepada Allah, menjalankan semua perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Ia menekankan pentingnya perencanaan pendidikan anak untuk keselamatan dunia dan akhirat mereka, dengan bekal iman dan takwa.

Ketua Bidang Distribusi, Joni Aswan, mengungkapkan bahwa penyaluran dana zakat kali ini mencakup 46 mustahik untuk biaya pendidikan, 25 mustahik untuk biaya hidup, dan 5 mustahik untuk biaya pengobatan.

Dana yang diterima bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 3 juta, tergantung kebutuhan masing-masing mustahik.

Ketua Bidang SDM, Humas, Asrial Gindo, menyampaikan pesan kepada para mustahik untuk tidak melupakan Baznas Bukittinggi jika mereka nantinya berhasil keluar dari kesulitan hidup dan berubah status menjadi muzaki.

Ia menegaskan bahwa semakin banyak muzaki yang menyalurkan zakat melalui Baznas Bukittinggi, semakin banyak mustahik yang akan mendapatkan manfaat dari dana zakat tersebut.

Selain penyaluran zakat, Baznas Kota Bukittinggi juga memberikan bantuan untuk korban bencana alam, khususnya untuk mereka yang terdampak banjir di Ngarai beberapa waktu lalu.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait