Bangun Nagari, Bupati Agam Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Perguruan Tinggi

Bangun Nagari, Bupati Agam Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Perguruan Tinggi

TOPSUMBAR – Bupati Agam, Andri Warman, terus berupaya mewujudkan misinya dalam membangun masyarakat yang mandiri, berdaya saing, berkualitas, dan berkarakter.

Salah satu langkah terbaru yang diambil adalah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Sumatera Barat, seperti Universitas Andalas, Institut Teknologi Haji Agus Salim, dan Universitas Muhammad Natsir Bukittinggi.

“Nagari, baik sebagai pemerintahan maupun pemberdayaan masyarakat, adalah pusat dan inti dari upaya kita mencapai visi dan misi daerah. Untuk itu, kami melakukan berbagai upaya dengan menggandeng sejumlah pihak,” kata Bupati Andri Warman.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Andri Warman menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Kabupaten Agam menjadi prioritas.

Oleh karena itu, kerja sama dengan perguruan tinggi terus diperluas.

“Kami telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu kesepakatan tersebut adalah terkait pengabdian masyarakat oleh mahasiswa di nagari di Kabupaten Agam. Beruntung bagi Agam, kali ini tiga perguruan tinggi di Sumatera Barat melaksanakan program yang sama di Kabupaten Agam,” ujarnya.

“Selain itu, Universitas Andalas juga menggandeng Sheffield University Management School (SUMS) dari Inggris dalam program ini,” ungkap Andri Warman saat melepas mahasiswa ketiga perguruan tinggi tersebut untuk mengikuti program pengabdian masyarakat di Mess Pemda Agam di Belakang Balok Bukittinggi pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Prof. Dr. Kelum Jayasinghe dari Sheffield University yang hadir langsung pada acara tersebut, memberikan beberapa pesan penting kepada mahasiswa yang hadir.

“Generasi muda Kabupaten Agam harus memperjuangkan hak mereka dengan menjaga lingkungan, meningkatkan aktivitas sosial, dan mendorong perekonomian masyarakat agar dapat hidup dalam kedamaian dan kesejahteraan,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas, Dr. Asniati, MBA, Ak, CA CSRA, menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat yang berskala internasional ini akan menambah wawasan generasi muda Sumatera Barat, khususnya pemuda Nagari Kamang Tangah Anam Suku, untuk berpikir secara global demi kejayaan mereka di masa depan.

“Bentuk pengabdian masyarakat ini nanti akan berupa pelatihan kepada masyarakat tentang pemanfaatan perangkat telekomunikasi seperti handphone untuk pemasaran produk home industri, khususnya dari masyarakat Nagari Kamang Tangah Anam Suku,” terang Dr. Asniati.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait