Anjangsana ke Rumah Bung Hatta Sambut Puncak Perayaan Hari Koperasi ke-77 di Lima Puluh Kota

Anjangsana ke Rumah Bung Hatta Sambut Puncak Perayaan Hari Koperasi ke-77 di Lima Puluh Kota

TOPSUMBAR – Menjelang puncak perayaan Hari Koperasi ke-77 tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota, Pemerintah Daerah bersama Gerakan Koperasi Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan kegiatan anjangsana ke rumah masa kecil Bung Hatta di Batu Hampar, Akabiluru, pada Senin 22 Juli 2024.

Rombongan yang dipimpin oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Eki Hari Purnama, disambut hangat oleh pimpinan, pengurus yayasan, guru, dan siswa Pondok Pesantren Al-Manaar, serta mahasiswa KKN UNAND.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Rahmad Hidayat.

Acara dimulai dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Eki Hari Purnama selaku inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Upacara berlangsung khidmat, memperingati peran Bung Hatta, putra daerah Sumatera Barat yang dikenal sebagai Bapak Koperasi, yang menghabiskan masa kecilnya di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kegiatan ini memiliki makna historis karena Bung Hatta pernah tinggal di rumah orang tuanya di kompleks pesantren ini. Ini menjadi kebanggaan bagi kita semua,” kata Eki.

Setelah upacara, Eki berdialog dengan siswa dan mahasiswa, yang antusias menjawab pertanyaan tentang kehidupan Bung Hatta.

Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam ayah Bung Hatta, Syekh Mhd. Jamil, dan kunjungan ke rumah masa kecil Bung Hatta.

Kepala Disperdagkopukm, Rahmad Hidayat, menyatakan bahwa anjangsana ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Koperasi yang baru dilaksanakan tahun ini.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat menggugah generasi muda dan masyarakat untuk menggalakkan kegiatan koperasi sebagai sokoguru ekonomi di Indonesia,” ujar Rahmad.

Selain itu, Rahmad Hidayat juga mengajak seluruh stakeholder, wali nagari, dan tokoh masyarakat untuk kembali peduli terhadap kemajuan koperasi dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya koperasi.

“Kami berharap kesadaran dan semangat tinggi masyarakat dapat menggalakkan kembali koperasi untuk memerangi pinjaman online dan judi online dalam memberantas kemiskinan dan kemelaratan,” pungkas Rahmad.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait