17 Tahun Perjalanan Azwar dalam Seni Pembuatan Tabuik di Pariaman

17 Tahun Perjalanan Azwar dalam Seni Pembuatan Tabuik di Pariaman

TOPSUMBAR – Nama Azwar mungkin kurang dikenal oleh sebagian besar masyarakat Kota Pariaman, namun bagi warga nagari pasa, Azwar adalah sosok yang akrab.

Pria berusia 57 tahun ini adalah seorang anak tabuik yang tinggal di Jalan Tabuik, Kelurahan Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah.

Ia telah terlibat dalam pembuatan tabuik budaya Piaman selama sekitar 17 tahun, sejak tahun 2007.

Bacaan Lainnya

Kemampuannya dalam membuat tabuik membuat Azwar dipercaya oleh anak nagari pasa untuk mengerjakan tabuik budaya mereka.

“Bagi saya, membuat tabuik sudah menjadi hobi sejak tahun 1982 hingga 2006. Selama masa kepemimpinan Bupati Anas Malik, saya sudah ikut menjadi tukang gandang tasa di setiap prosesi tabuik hingga tabuik dibuang di pantai,” ujar Azwar.

Azwar mengatakan bahwa selain menjadi tukang gandang tasa, ia selalu memperhatikan dengan seksama setiap detail proses pembuatan tabuik, hingga akhirnya ia mencoba membuat tabuik kecil yang dikenal sebagai tabuik lenong.

Ketekunannya dalam belajar akhirnya membuahkan hasil, membuatnya ahli dalam pembuatan tabuik yang memiliki nilai jual tinggi, dan dipercaya untuk membuat tabuik pasa hingga kini.

“Alhamdulillah, sampai saat ini saya masih dipercaya untuk membuat tabuik pasa. Saya melibatkan keluarga saya dalam kegiatan ini, seperti kakak, adik, anak, menantu, dan keponakan. Mereka semua sudah terlatih dalam pembuatan tabuik sehingga bisa menambah penghasilan keluarga,” jelas Azwar.

Selain itu katanya, proses pembuatan tabuik memakan waktu sekitar 15 hari. Pengerjaan ini dimulai lima hari sebelum tanggal 1 Muharram dan harus selesai satu hari sebelum tabuik dihoyak.

“Saya sebagai anak tabuik meminta kepada ketua nagari pasa dan pemerintah kota Pariaman serta instansi terkait, agar dalam proses pembuatan tabuik diadakan acara kesenian tradisional atau lomba untuk menarik pengunjung. Ini bisa dilakukan di rumah tabuik pasa dan rumah tabuik subarang. Adanya acara seperti itu akan menambah semangat kami dalam mengerjakan pembuatan tabuik hingga selesai,” ungkapnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait