Wali Kota Solok: Pancasila sebagai Pedoman Hidup Menuju Indonesia Emas 2045

Wali Kota Solok : Pancasila sebagai Pedoman Hidup Menuju Indonesia Emas 2045

TOPSUMBAR – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di halaman Balaikota Solok pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, Zul Elfian menekankan pentingnya menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Upacara ini dihadiri berbagai unsur Forkopimda Kota Solok, Sekda Kota Solok, Ketua TP PKK Kota Solok, Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang, serta para kepala OPD di lingkup Pemko Solok.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, Zul Elfian menyampaikan sambutan tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

“Hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, sebuah momen penting ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945,” ujarnya.

Tema pada peringatan harlah Pancasila pada tahun ini ialah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang menyoroti peran Pancasila dalam menyatukan bangsa dengan segala keberagamannya, menuju 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Zul Elfian juga menekankan pentingnya nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang terkandung dalam Pancasila sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong menjadikan Pancasila sebagai bintang penuntun kita menuju kemajuan,” kata Zul Elfian.

Selain itu, ia turut mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di setiap aspek kehidupan.

“Pancasila telah mempersatukan kita dalam menghadapi setiap tantangan serta ujian sejarah, ini menjadikan Indonesia masih dapat berdiri kokoh dan tangguh hingga sekarang,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Zul Elfian kembali mengingatkan terkait tantangan kemajuan teknologi yang pesat, yang harus dihadapi dengan bijak.

“Semoga Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Penggunaan teknologi informasi harus dimanfaatkan untuk menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila,” pesannya.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode yang relevan bagi generasi milenial dan Gen-Z, terutama dalam menghadapi bonus demografi.

“Dengan adanya semangat Pancasila di dalam diri kita, saya yakin semua tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” tegasnya.

Setelah upacara, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Solok Primer Hotel sebagai Pembayar Pajak PBJT Jasa Perhotelan Tepat Waktu, Roti O sebagai Pembayar Pajak PBJT Makanan dan Minuman Terbesar dan Tepat Waktu, serta H. Rusli Khatib Sulaiman sebagai Teladan Pembayar PBB P2.

Upacara diakhiri dengan ajakan Zul Elfian kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama merawat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang lebih maju dan berwibawa di kancah dunia.

“Selamat Hari Lahir Pancasila! Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Pancasila!” tutupnya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait