UPTD Ternak Ruminansia Air Runding Sukses Kembangkan Populasi Rusa Hingga Tiga Kali Lipat di Pasaman Barat

UPTD Ternak Ruminansia Air Runding Sukses Kembangkan Populasi Rusa Hingga Tiga Kali Lipat di Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat melalui UPTD Ternak Ruminansia Air Runding, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berhasil mengembangbiakkan hewan rusa.

“Alhamdulillah, awalnya hanya 5 ekor dan mati 1 ekor, sehingga tinggal 4 ekor. Sekarang sudah menjadi 12 ekor,” staf peternakan UPTD Ternak Ruminansia Air Runding, Dani, kepada topsumbar.co.id, Sabtu (8/6/2024) di lokasi peternakan.

Dijelaskannya, hewan rusa itu berada di dalam pagar besi yang memanjang lebih kurang 100 meter dengan lebar 15 meter. Namun, rusa tersebut terlihat liar walaupun lokasinya dalam kondisi seperti itu.

Bacaan Lainnya

“Untuk pakan rusa selalu rutin dikasih dan ditambah nutrisi lainnya. Sehingga, perkembangbiakannya terlihat jelas. Sekarang, ada yang baru lahiran,” terangnya.

Dengan bertambahnya jumlah rusa nantinya kata Dani, berkemungkinan akan dibuatkan tempat yang lebih luas lagi, agar rusa tersebut dapat leluasa didalamnya.

Sebagai hewan langka, rusa ini terlihat manja apabila ada pengunjung. Dimana, rusa-rusa itu akan diam dan sambil mendekatkan diri ke pagar dengan tidak ada rasa takut kepada pengunjung.

“Kandang rusa ini sudah menjadi obyek kunjungan masyarakat, khususnya di sore hari dan hari libur. Karena, selain di bukittinggi rusa hanya ada di peternakan Air Runding,” sebutnya.

Semoga, jumlah rusa ini terus bertambah dan menjadi obyek kunjungan masyarakat nantinya, baik untuk edukasi ataupun yang lainnya.

“Rusa ini salah satu hewan langka dan bisa sebagai bahan edukasi bagi pelajar ataupun masyarakat,” pungkasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait