Upaya Lawan Stunting, Nagari Batahan Barat Luncurkan Lembaga dan Rumah Desa di Pasaman Barat

Upaya Lawan Stunting, Nagari Batahan Barat Luncurkan Lembaga dan Rumah Desa di Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Pemerintahan Nagari Batahan Barat, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan Sosialisasi dan Pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) dan pembentukan Lembaga Rumah Desa Sehat, Rabu (12/6/2024) di kantor nagari setempat.

Sebagai Kordinator TPP (P3MD) Kabupaten Pasaman Barat, Yusriani, ST menyampaikan bahwa, Definisi Rumah Desa/nagari Sehat adalah, Sekretariat bersama bagi penggiat pemberdayaan Masyarakat dan pelaku Pembangunan Desa/Nagari di bidang kesehatan.

Ada lima paket layanan pokok sebagai acuan bagi pengurus Rumah Desa Sehat (RDS) sebagai berikut :

Bacaan Lainnya
  1. Pusat Pembelajaran Masyarakat.
  2. Ruang Literasi Kesehatan.
  3. Penyebaran Informasi Kesehatan.
  4. Promosi Kesehatan.
  5. Advokasi Kebijakan Pembangunan Desa Bidang Kesehatan.

“Bila lima pilar ini di lakukan dengan sungguh-sunguh, maka masyarakat desa/nagari Batahan Barat kedepan akan lebih sehat dan tidak akan ketinggalan informasi tentang kesehatan masyarakat,” sebutnya.

Dijelaskannya, RDS Batahan Barat ini nantinya, merupakan forum komunikasi membahas masalah-masalah kesehatan yang ada di wilayah Nagari Batahan Barat, Kecamatan Ranah Batahan.

Tujuan dibentuknya RDS ini lebih dijelaskan Yusriani, adalah salah satunya sebagai untuk menekan angka stunting yang masih tinggi di Indonesia.

Oleh sebab itu terkait dengan stunting mendatangkan dampak yang negatif baik dari segi personal maupun nasional.

“Stunting itu sendiri merupakan akibat gagal tumbuh dan gagal kembang yang di sebabkan oleh beberapa faktor antara lainnya kurang gizi, penyakit, lingkungan yang tidak higienis,” paparnya.

Menurut Yusriani, melalui RDS serta pos-pos posyandu ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat desa/nagari Batahan Barat yang sehat, dengan penyuluhan ķesehatan, penambahan makanan bergizi untuk balita.

Rumah Desa Sehat merupakan new program desa/nagari untuk mewujudkan warga sehat dan desa sehat, dimana Rumah Desa Sehat ini di koordinasi oleh KPM (Kelompok Pembangunan Manusia).

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait