Upacara Peringatan Perang Manggopoh ke-116: Bangkitkan Semangat Kepahlawanan untuk Masa Depan Agam

Upacara Peringatan Perang Manggopoh ke-116 : Bangkitkan Semangat Kepahlawanan untuk Masa Depan Agam

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mengadakan upacara peringatan Perang Manggopoh ke-116 pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Upacara tersebut berlangsung di GOR Buya Hamka Pasar Durian, Manggopoh dan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Sumatera Barat (Sumbar), Erinaldi.

Erinaldi juga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) didampingi oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Agam serta Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dimulai dengan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Manggopoh pada Jumat malam, 14 Juni 2024.

Diketahui, Perang Manggopoh sendiri merupakan peristiwa heroik dan patriotik yang menjadi simbol perjuangan dan semangat kepahlawanan masyarakat Indonesia, tercatat dalam sejarah dengan tinta emas.

Pada Tahun ini, Pemkab menggelar peringatan Perang Kamang dan Perang Manggopoh ke-116 dengan mengusung tema “Kita Tingkatkan Persatuan untuk Membangun Agam yang Lebih Maju dengan Semangat Kepahlawanan”.

Dalam sambutannya setelah upacara, Sekdakab Agam, Drs. H. Edi Busti, M.Si., menekankan pentingnya persatuan dan semangat kepahlawanan dalam membangun daerah.

“Dengan semangat kepahlawanan yang diwariskan dari Perang Manggopoh, kita harus bersatu dan bekerja keras untuk membangun Agam yang lebih maju dan sejahtera. Persatuan adalah kunci utama dalam menghadapi tantangan dan mencapai kemajuan bersama,” ujar Edi Busti.

Upacara ini juga dimeriahkan dengan kolaborasi bersama Praja IPDN yang menampilkan marching band untuk mengiringi lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Selain itu, Peringatan ini juga menjadi momentum penting bagi masyarakat Agam untuk mengenang sejarah, memperkuat persatuan, dan menumbuhkan semangat kepahlawanan dalam upaya membangun daerah yang lebih baik di masa depan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait