Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Padang Pariaman: Tingkatkan Kepatuhan terhadap Nilai-Nilai Pancasila

Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Padang Pariaman : Tingkatkan Kepatuhan terhadap Nilai-Nilai Pancasila

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman menggelar upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Padang Pariaman, Kawasan IKK Padang Pariaman di Paritmalintang pada Senin, 3 Juni 2024.

Upacara ini bertujuan untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang ke-79.

Dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Pariaman, Ketua DPRD Padang Pariaman, Sekretaris Daerah Padang Pariaman, Forkompimda, Pejabat.

Bacaan Lainnya

Kemudian Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, serta Kepala Instansi Vertikal di lingkungan tersebut juga turut hadir.

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, menjadi Inspektur Upacara dan membacakan naskah amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Ia menyatakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai dengan cita-cita pendirian suatu bangsa.

“Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, kita harus terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Suhatri Bur.

Ia juga menyoroti tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam menghadapi perkembangan situasi global, terutama dengan kemajuan teknologi komunikasi yang semakin tidak terbendung.

Dalam konteks ini, Pancasila diharapkan dapat berfungsi sebagai filter untuk memastikan bahwa bangsa Indonesia tetap teguh pada nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah, dan Keadilan.

Suhatri Bur juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan toleransi dan semangat gotong royong dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan tersebut, Suhatri Bur juga membicarakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Padang Pariaman 2025-2045, yang bertujuan untuk mengarahkan Kabupaten Padang Pariaman menuju masa depan yang gemilang.

Ia menegaskan pentingnya melanjutkan pembangunan melalui RPJMD tahun 2025-2029 untuk mewujudkan visi Padang Pariaman Cermat (cerdas, religius, maju, dan berkelanjutan).

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait