Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kota Payakumbuh Berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kota Payakumbuh Berlangsung Khidmat

TOPSUMBAR – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan dengan khidmat di halaman kantor Wali Kota Payakumbuh pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Komandan Upacara Diki Engla Mardianto memimpin jalannya upacara.

Acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda, ASN, Ormas, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara tersebut, Suprayitno membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Yudian Wahyudi.

Amanat tersebut menekankan bahwa Pancasila merupakan perekat bangsa, menyatukan berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Sebagai bangsa yang majemuk, kita patut bersyukur karena Pancasila dan nilai-nilainya menjadi bintang pemandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ucap Suprayitno.

Dalam momen bersejarah ini, Suprayitno mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Mari kita merawat anugerah dari Pancasila dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni ini,” ujaknya.

Selain itu, Suprayitno juga menekankan pentingnya pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk menyiarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan masyarakat.
Ia mengajak seluruh komponen untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian, terutama dalam menyongsong bonus demografi yang menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Dengan mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024”, mengajak kita semua untuk senantiasa menciptakan generasi terbaik yang mampu menjaga persatuan, semangat gotong royong, serta kesetaraan.

“Indonesia akan memasuki usia emas, yakni 100 tahun pada 2045. Pada masa itu, Indonesia diharapkan sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya. Pancasila membuat perbedaan menjadi kekayaan, merajut keragaman menjadi keindahan, dan menyatukan bangsa. Selamat Hari Lahir Pancasila,” pungkasnya.

Setelah upacara, juga dilaksanakan pencanangan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kota Payakumbuh serta penyerahan kenaikan pangkat kepada sejumlah ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait