Tips Parenting Anak Remaja yang Perlu Diketahui Orang Tua

Tips Parenting Anak Remaja yang Perlu Diketahui Orang Tua (Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Pada dasarnya, parenting anak merupakan pola pengasuhan dan pemeliharaan anak yang dilakukan oleh orang tua.

Yang dimaksud pengasuhan dan pemeliharaan disini mencakup kebutuhan fisik, emosional, sosial, dan intelektual anak.

Seiring dengan makin bertambahnya usia anak, maka tugas pengasuhan dan pemelihaaran orang tua bukan sekedar menyediakan makanan yang sehat saja.

Parenting atau pola pengasuhan anak remaja tentu berbeda dengan parenting balita.

Meskipun anak-anak dalam kedua kelompok usia tersebut membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua mereka, namun pola pengasuhan untuk anak remaja cenderung lebih kompleks.

Di usia remajanya, mereka membutuhkan dukungan dan perhatian, merasa bahwa mereka diterima, dicintai, dan dihargai orang tuanya.

Meskipun anak-anak sering tidak suka merasa dikekang, mereka sebenarnya tetap membutuhkan kehadiran dan perlindungan dari orang tua mereka.

Nah, dalam hal parenting anak remaja, terdapat beberapa hal yang cukup penting untuk di prioritaskan.

Berikut ini beberapa tips parenting yang dilansir dari media parenting di indonesia:

  1. Menjalin Komunikasi yang Efektif
    Menjalin komunikasi yang terbuka dan efektif sangat penting dalam pola asuh anak remaja. Alih-alih memberikan petuah yang panjang lebar, cara menasehati yang lebih efektif untuk anak remaja adalah dengan mendengarkannya terlebih dahulu.Jadi, Bunda harus mendengarkan dulu dan memahami apa yang sedang dialami anak, sehingga kemudian bisa memberikan dukungan dan saran yang lebih tepat.
  2. Memberikan Batasan dan Aturan yang Jelas
    Anak remaja masih perlu diberikan batasan dan aturan yang jelas agar bisa memahami konsekuensi dari tindakannya. Tanpa bermaksud gender bias, para orang tua biasanya memiliki panduan yang berbeda mengenai cara mendidik anak laki-laki dan perempuan.Setiap keluarga boleh saja memegang dan meyakini nilai yang berbeda-beda, namun anak remaja tetap membutuhkan batasan yang realistis dan mudah dipahami.
  3. Memberikan Dorongan yang Positif
    Tips parenting selanjutnya yang harus dilakukan orang tua saat anaknya dalam masa remaja adalah memberikan dukungan dan dorongan yang positif. Dukungan dan dorongan positif dari orang tua akan membantu anak remaja merasa dihargai dan diakui kemampuannya.Yang dimaksud dukungan dan dorongan positif disini bisa berupa pujian atau penghargaan atas prestasi yang diraih anak.
  4. Menjadi Teladan yang Baik
    Orang tua harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak remaja mereka. Cara mendidik anak remaja perempuan yaitu dengan menjadi ibu yang bisa diteladani.Sementara, cara mendidik anak remaja laki-laki adalah dengan menjadi sosok ayah yang bisa diteladani. Anak merupakan murid yang belajar dengan meniru perilaku orang tua yang menjadi gurunya.
  5. Menjalin Hubungan yang Erat
    Tips parenting anak remaja yang cukup penting bagi orang tua yakni menjalin hubungan yang erat dengan anaknya.Bunda dan Ayah bisa menghabiskan waktu bersama-sama dan ikutlah bergabung dalam kegiatan yang disukai anak. Melakukan kegiatan bersama ini bisa membantu memperat hubungan sekaligus membangun kepercayaan antara orang tua dan anak.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, orang tua dapat membantu anak remajanya melewati masa-masa penting dalam perkembangan mereka dengan lebih baik.

Meskipun setiap anak unik dan memiliki kebutuhan yang berbeda, komunikasi yang baik, aturan yang jelas, dorongan positif, teladan yang baik, dan hubungan yang erat adalah kunci untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

(HT)

Pos terkait