Tingkatkan Pertanian dan Lingkungan, Bupati Agam Buka Sosialisasi Eco Enzyme

Tingkatkan Pertanian dan Lingkungan, Bupati Agam Buka Sosialisasi Eco Enzyme

TOPSUMBAR – Bupati Agam, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti secara resmi membuka sosialisasi pertanian organik dan Eco Enzyme yang dipandu oleh Senior Executive United Nations Environment Programme (UNEP) di Aula Kantor Bupati Agam pada Jumat, 21 Juni 2024.

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan magang II Praja Muda IPDN Kampus Sumatera Barat angkatan XXXIII.

Senior Executive UNEP, Surya Yusuf, menjelaskan bahwa Eco Enzyme adalah hasil fermentasi limbah organik segar yang memiliki berbagai manfaat, seperti digunakan sebagai pupuk tanaman, pembersih, dan sabun cuci piring.

Bacaan Lainnya

“Eco Enzyme memiliki sifat katalisis bioaktif yang berperan dalam dekomposisi, transformasi, dan reorganisasi senyawa organik yang tidak larut menjadi senyawa organik yang larut dalam air. Produk ini juga dapat menghambat atau melawan aktivitas mikroorganisme berbahaya, terutama bakteri patogen dan bakteri pembusuk,” jelas Surya Yusuf.

Sekda Agam, Edi Busti menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan sektor pertanian dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Eco Enzyme memiliki banyak manfaat di bidang pertanian, lingkungan, dan kesehatan.

“Jika masyarakat dapat mengolah dan memanfaatkan Eco Enzyme dengan baik, ini berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Acara ini diakhiri dengan diskusi dan penjelasan dari Surya Yusuf mengenai manfaat dan fungsi Eco Enzyme.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait