Tingkatkan Perekonomian Daerah, Pemkab Agam Gelar Pelatihan Manajemen Bisnis Koperasi

Tingkatkan Perekonomian Daerah, Pemkab Agam Gelar Pelatihan Manajemen Bisnis Koperasi

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menggelar pelatihan manajemen bisnis koperasi untuk para pengurus koperasi di seluruh wilayah Kabupaten Agam.

Acara ini berlangsung di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung selama tiga hari, mulai dari tanggal 25 hingga 27 Juni 2024.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat, Edwar, yang memberikan materi tentang rencana bisnis koperasi dan pengembangan usaha koperasi.

Bacaan Lainnya

Asisten III Setdakab Agam, Asril, mewakili Bupati Agam, dalam sambutannya menyatakan harapannya agar pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta.

“Dengan pelatihan ini, para pengurus koperasi diharapkan dapat memperdalam ilmu tentang manajemen koperasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat luas,” ujar Asril.

Kabupaten Agam saat ini memiliki 230 koperasi, dengan 149 di antaranya aktif, yang melibatkan 32.216 anggota.

Data akhir tahun 2023 menunjukkan bahwa jumlah aset koperasi di Kabupaten Agam mencapai Rp 471,33 miliar, dengan volume usaha sebesar Rp 300,66 miliar dan perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 13,48 miliar.

“Peningkatan kinerja koperasi setiap tahunnya menunjukkan semangat yang tinggi dari para penggiat koperasi. Kami berharap semua koperasi di Kabupaten Agam dapat menjadi sarana pengembangan usaha dan perekonomian bagi masyarakat,” tambah Asril.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengurus koperasi di Kabupaten Agam, sehingga mereka dapat berkontribusi lebih signifikan dalam memajukan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait