Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata Sumbar, Mahyeldi Sambut Kunjungan Dubes Australia

Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata Sumbar, Mahyeldi Sambut Kunjungan Dubes Australia

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menegaskan komitmennya untuk mempererat hubungan bilateral dengan Australia dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan, sosial-budaya, ekonomi, perdagangan, dan pariwisata.

Pernyataan ini disampaikan Mahyeldi saat menyambut kunjungan balasan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, di Istana Gubernuran, Padang, pada Kamis 13 Juni 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Mahyeldi menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan balasan dari Kedutaan Besar Australia.

Bacaan Lainnya

Selain itu, berbagai hal dibicarakan, termasuk upaya mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Mentawai dan Kawasan Mandeh.

“Kami berharap akan berlanjut dengan perjanjian yang mengikat. InsyaAllah, tahun 2025 nanti kita akan memiliki kesepakatan antara Australia dan Sumbar,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, Australia merupakan pasar pariwisata yang potensial bagi Sumbar. Banyak wisatawan Australia yang mengunjungi Sumbar, terutama Kepulauan Mentawai yang terkenal dengan ombak menawan bagi para pecinta surfing.

“Jadi, pada tahun 2025 nanti, kita berharap penerbangan dari Australia bisa langsung ke Mentawai,” tambahnya.

Saat ini, wisatawan Australia biasanya mencapai Mentawai menggunakan transportasi kapal laut.
Mahyeldi berharap ada pihak yang dapat mengelola Bandara Mentawai agar bisa dilalui oleh pesawat yang lebih besar, bukan hanya pesawat kecil yang saat ini melayani rute Padang-Mentawai.

“Setidaknya wisatawan asal Australia bisa langsung ke Sumbar, meskipun melalui Bandara Internasional Minangkabau dengan jarak tempuh sekitar 3-4 jam,” jelas Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyebut bahwa Australia dan Sumbar sudah memiliki agenda tahunan untuk tahun 2025, mencakup bidang pendidikan, kebudayaan, perikanan, dan pariwisata.

“Nanti kepala OPD akan ditugaskan untuk segera menindaklanjuti perjanjian tersebut, agar harapan kita dapat terwujud,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Mahyeldi berharap kunjungan balasan dari Dubes Australia ini dapat membawa kemajuan bagi Sumatera Barat.

“Mudah-mudahan, kunjungan ini bisa membawa kemajuan bagi Sumatera Barat,” tutupnya.

(nov)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait