Tingkatkan Kapasitas serta Wawasan Legislasi, DPRD Kota Padang Gelar Bimtek RPJMD dan Motivasi Anggota

Tingkatkan Kapasitas serta Wawasan Legislasi, DPRD Kota Padang Gelar Bimtek RPJMD dan Motivasi Anggota

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) serta Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padang Masa Sidang II tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Mega Resort dan Spa Ngurah Rai, Badung Bali pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2024.

Sebanyak 42 orang anggota DPRD Kota Padang serta dihadiri oleh Wakil Ketua, Amril Amin, Arnedi Yarmen, Ilham Maulana, sekretaris dewan, Hendrizal Azhar.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani membuka secara langsung kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padang.

Sekretaris DPRD, Hendrizal Azhar mengawali laporannya menyampaikan bahwasanya Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD terkait peraturan perundang-undangan terbaru.

Hal ini berkaitan dengan tugas, fungsi, serta wewenang di DPRD.

“Kegiatan ini bertujuan agar para pimpinan dan anggota di DPRD Kota Padang dapat memahami peraturan terbaru dari perundang-undangan. Ini berkaitan dengan Tugas, Fungsi, serta Wewenang DPRD,” ucapnya.

“Selain itu, diharapkan para pimpinan dan anggota DPRD dapat memahami prosedur legislasi serta mengusulkan pembahasan terkait peraturan daerah, anggaran, serta fungsi legislasi,” tambahnya.

Pada bimtek kali, Hendrizal Azhar juga menyampaikan bahwasanya tema yang diangkat terkait “Pembahasan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) dan Achievment Motivation Purna Bhakti DPRD”.

Dengan adanya bimtek ini, Hendrizal berharap Pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang dapat memahami keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

“Diharapkan Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padang dapat lebih memahami tentang keterlibatan masyarakat dengan mendengar aspirasinya dalam proses pengambilan keputusa,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepada Ketua LPM serta Universitas Dwijendra Denpasar yang bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Ia mengatakan bahwasanya kegiatan tersebut berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi anggota DPRD agar memahami kemampuan dalam menjalan tugasnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Ketua LPM, Masyarakat Universitas Dwijendra Denpasar, serta para anggota DPRD yang terlibat dalam kegiatan ini. Bimtek ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,” ujarnya.

“Kegiatan ini mengangkat tema Pembahasan Penyusunan RPJMD serta Achievment Motivation Purna Bhakti DPRD. Ini merupakan komitmen kita dalam mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan bagi masyarakat yang kita layani saat ini,” tambahnya.

Menurutnya, DPRD memiliki peran strategis dalam menyuarakan aspirasi masyarakat, pengawasan kebijakan pemerintah, serta pembangunan yang berkelanjutan.

“Kita memiliki tanggung jawab dalam memastikan setiap keputusan dan tindakan yang diambil sesuai dengan kepentingan dan harapan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh anggota DPRD Kota Padang agar dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas diri sebagai tanggung jawab kepada masyarakat.

“Mari terus tingkatkan kompetensi dan kualitas diri agar dapat memperkuat peran kita sebagai anggota legislatif. Semoga kita dapat belajar melalui berbagai media dan sarana pembelajaran lainnya guna meningkatkan kepekaan kita terhadap masyarakat,” tutupnya.

(HT)

Pos terkait