Tim Penilai Tingkat Sumbar Kunjungi Posyandu Edelweis-Mundam Sakti Sijunjung

Tim Penilai Tingkat Sumbar Kunjungi Posyandu Edelweis-Mundam Sakti Sijunjung

TOPSUMBAR – Tim penilai tingkat provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan verifikasi lapangan Posyandu berprestasi pada Rabu, 26 Juni 2024 di Nagari Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari, Sijunjung.

Posyandu Edelweis terletak di Jorong Kampung Pinang, Mundam Sakti adalah Posyandu terintegrasi dengan Bina Keluarga Balita (BKB) dan PAUD Qurratul Ayun.

Pekarangan Posyandu juga dimanfaatkan melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA), tanaman pangan, tanaman hortikultura serta tanaman hias.

Bacaan Lainnya

Saluran airnya pun, dimanfaatkan untuk budidaya ikan sebagai upaya Gerakan Memasyarakatkan Konsumsi Ikan (Gemar Ikan).

Quartita Evari Hamdiani, SKM, MM selaku ketua beserta tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Propinsi Sumatera Barat disambut dengan tari Pasambahan oleh anak PAUD dan disaksikan ratusan orang.

“Sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri, ketua TP-PKK adalah pembina Posyandu dan Posyandu adalah Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD),” ujar ketua tim penilai.

Ketua TP-PKK Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa dalam sambutannya menyampaikan, “Swadaya masyarakat, terutama pengusaha walet dan ayam telah banyak membantu kegiatan di Posyandu Edelweis”.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Joni Antonius, S.Hut saat pembukaan mengungkapkan, “Saat ini terdapat 322 Posyandu yang menyebar di 304 jorong se-Kabupaten Sijunjung”.

“9,3 milyar rupiah dana desa telah dianggarkan untuk fasilitasi kader kesehatan,” lanjutnya.

“Progresnya dapat dilihat, dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) serta Indeks Desa Membangun (IDM),” paparnya.

“Karena Sijunjung telah dua tahun berturut-turut juara Posyandu tingkat propinsi, maka transfer knowledge terjadi dinagari lain,” tutupnya.

Setelah mendengarkan ekspos ketua Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal), tim juri melakukan interview dan pemeriksaan lapangan.

Hadir mengikuti penilaian, antaralain Wakil Ketua TP-PKK Ny. Dona Iraddatillah, pimpinan OPD, camat, Forkopimca, wali nagari, penyuluh, BPN, LPM, ninik mamak, alim ulama, Bundo Kanduang, kader, Linmas bersama unsur masyarakat lainnya.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait