Semarakkan HUT RI Ke-79, Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural

Semarakkan HUT RI Ke-79, Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural

TOPSUMBAR – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengadakan rapat persiapan untuk Lomba Mural di Aula Ngalau, lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, pada Kamis 20 Juni 2024.

Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Rida Ananda, dan dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kemenag, Kacabdin Wilayah IV, Samsat, perwakilan dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi se-Payakumbuh, BUMN, BUMD, serta instansi vertikal lainnya.

“Perlombaan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta dalam menyampaikan pesan-pesan moral melalui lukisan yang dapat dilihat dan dinikmati oleh seluruh masyarakat,” ujar Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno yang diwakili oleh Sekda Rida Ananda.

Bacaan Lainnya

Rida Ananda menambahkan bahwa melalui lomba ini, peserta berkesempatan untuk memperindah kota, terutama di kawasan Gelanggang Kubu Gadang yang sering dikunjungi masyarakat untuk berolahraga.

“Mural yang akan di lukis di sekeliling tembok Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang memiliki potensi untuk menjadi sarana promosi kota karena dapat menjadi lokasi berfoto dengan latar karya seni yang estetik,” tambahnya.

Rida juga menyatakan keyakinannya bahwa mural-mural tersebut akan menarik perhatian wisatawan dan masyarakat yang melewati kawasan Gelanggang Kubu Gadang dengan penampilan yang memanjakan mata serta penuh dengan pesan positif.

Lomba ini akan diselenggarakan untuk Kategori Umum dengan tema yang disesuaikan dengan OPD/Lembaga/Kampus/Organisasi/Perbankan terkait.

Untuk Kategori Sekolah, tema yang diusung adalah “Budaya Alam Minangkabau” dan “Payakumbuh Bersih dan Sehat”.

“Tema mural tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi, melainkan harus memiliki pesan positif dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, logo dan identitas asal peserta tidak diperbolehkan lebih dari 15% dari total mural,” tegas Rida.

Lomba mural ini akan berlangsung dari 8 Juli hingga 10 Agustus 2024, dan pemenangnya akan diumumkan bertepatan dengan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

“Penilaian akan dilakukan pada 11 Agustus 2024 dengan beberapa kriteria, yaitu keterkaitan dengan tema, kreativitas, makna dan pesan dalam gambar, orisinalitas karya, teknik, dan tingkat kesulitan gambar,” jelas Rida.

Dengan kegiatan ini, Pemko Payakumbuh berharap kota tersebut akan memiliki spot seni yang representatif dan bernilai positif melalui karya-karya mural yang dihasilkan.

“Kami berharap Payakumbuh nantinya memiliki area yang representatif dan bernilai positif melalui karya seni,” tutup Rida dengan penuh harap.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait