Semarak Festival Bundo Kanduang, Pemkab Lima Puluh Kota Rayakan Warisan Budaya

Semarak Festival Bundo Kanduang, Pemkab Lima Puluh Kota Rayakan Warisan Budaya

TOPSUMBAR – Festival Bundo Kanduang Kabupaten Lima Puluh Kota dibuka dengan meriah, ditandai oleh pemukulan gandang tambua di Ruang Terbuka Hijau Mahkota Berlian, Kawasan Bukik Limau Sarilamak.

Acara yang berlangsung pada hari Senin, 24 Juni 2024 ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah, Herman Azmar mewakili Bupati Lima Puluh Kota.

Festival ini diwarnai dengan berbagai lomba dan dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, para asisten, Kepala Perangkat Daerah, serta Wali Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Herman Azmar menyampaikan bahwa Festival Bundo Kanduang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menggali, membina, mengembangkan, dan melestarikan budaya yang ada di Lima Puluh Kota.

“Kegiatan ini juga memberikan dukungan dan sarana sebagai ajang kompetisi bagi lembaga Bundo Kanduang dan generasi muda Lima Puluh Kota serta mengkomunikasikan kekayaan budaya kita kepada masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Herman Azmar menjelaskan bahwa Festival Bundo Kanduang adalah bagian dari rangkaian kegiatan strategis yang menjadikan budaya sebagai daya tarik wisata bagi turis lokal dan mancanegara.

“Banyak nilai-nilai sejarah dan budaya di Lima Puluh Kota yang dapat menarik wisatawan, seperti Tenun Kubang, Alek Bakajang, Basijobang, dan Sampelong. Semua ini memiliki nilai historis yang penting bagi keberadaan dan kebesaran adat dan budaya Kabupaten Lima Puluh Kota,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi dalam laporannya menyatakan bahwa Festival Bundo Kanduang berlangsung selama satu hari penuh dan sekaligus menjadi ajang persiapan untuk Pekan Budaya Lima Puluh Kota tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-5 Juli 2024.

“Lomba-lomba yang diadakan meliputi Festival Kuliner, Lomba Baju Kuruang Basiba, dan Lomba Alua Pasambahan yang diikuti oleh Bundo Kanduang, Puti Bungsu, dan Rang Mudo dari setiap kecamatan di Lima Puluh Kota,” jelas Afri Efendi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait