Sekda Rudy Ingatkan ASN untuk Tetap Netral dalam Pilkada Mendatang

Sekda Rudy Ingatkan ASN untuk Tetap Netral dalam Pilkada Mendatang

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman sekaligus Ketua Korpri Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis, mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman agar menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis selama pelaksanaan pilkada.

Menurut Rudy, keterlibatan dalam politik praktis bisa merugikan ASN yang bersangkutan.

“Kami telah mengimbau seluruh ASN melalui surat edaran dan himbauan lainnya agar mereka tetap berperilaku sesuai aturan perundang-undangan yang ada, sehingga dapat terhindar dari kegiatan politik praktis yang dapat merugikan diri sendiri,” ujar Rudy R. Rilis pada Kamis, 6 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Rudy juga menyinggung kemungkinan timbulnya ketegangan akibat dinamika yang sering terjadi selama proses pemilihan kepala daerah.

Namun, ia menegaskan bahwa dinamika tersebut tidak akan mempengaruhi aktivitas maupun kinerja ASN.

“Sampai hari ini, aktivitas ASN tetap kompak dan tidak terpecah dalam menyikapi pilihan dalam pilkada tersebut,” tambahnya.

Sebagai Sekretaris Daerah, Rudy merasa sangat berkepentingan untuk memastikan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Padangpariaman berjalan lancar.

Salah satu tugas utamanya adalah mengingatkan ASN agar tidak terlibat politik praktis yang dapat merugikan diri sendiri.

“Aturannya sudah jelas. Dalam undang-undang pemilu, hal itu diatur dengan tegas. Begitu juga dalam aturan kepegawaian,” tegas Rudy.

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan pilkada diawasi oleh Bawaslu, LSM, dan media.

Rudy menekankan bahwa yang terpenting bagi ASN adalah mematuhi apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan terkait proses pemilihan kepala daerah.

“Para ASN harus tetap fokus dengan pekerjaan masing-masing,” terangnya.

Meski demikian, Rudy mengakui bahwa pilkada sangat menentukan arah pembangunan dan kemajuan daerah ke depan.

“Proses pemilu adalah wadah yang tepat bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang amanah dan dipercaya untuk melanjutkan berbagai program pembangunan daerah,” ujarnya.

Menurutnya, pilkada dapat menentukan masa depan pembangunan dan arah kemajuan daerah.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait