Sekda Agam Buka Konsultasi Publik KLHS RPJMD, Fokus pada Kesejahteraan 5 Tahun ke Depan

Sekda Agam Buka Konsultasi Publik KLHS RPJMD, Fokus pada Kesejahteraan 5 Tahun ke Depan

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam, Edi Busti membuka secara resmi Konsultasi Publik I Pembuatan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2025-2030.

Acara ini berlangsung di aula kantor Bappeda Agam pada Rabu, 19 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Edi Busti menyatakan harapannya agar melalui konsultasi publik ini dapat dihasilkan kebijakan yang tepat dan efektif untuk kesejahteraan masyarakat dalam lima tahun ke depan.

Bacaan Lainnya

“Dengan komitmen dan kolaborasi yang baik, dokumen KLHS ini diharapkan dapat menuntun, mengarahkan, dan menjamin kita dalam melahirkan kebijakan, rencana, dan program yang mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan, guna terwujudnya pembangunan berkelanjutan yang mendukung kekuatan karakteristik kearifan lokal,” ujarnya.

Edi Busti menjelaskan bahwa KLHS merupakan instrumen penting untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan telah terintegrasi dalam pembangunan wilayah.

KLHS mampu memberikan rekomendasi dan pertimbangan lingkungan pada tingkatan pengambilan keputusan yang bersifat strategis.

“Tujuan dari konsultasi ini adalah untuk mengidentifikasi isu-isu strategis serta mengumpulkan aspirasi dan harapan masyarakat serta para pemangku kepentingan terkait kebijakan atau program dalam RPJMD Kabupaten Agam tahun 2025-2030,” ujarnya.

Ia berharap bahwa KLHS ini nantinya akan diintegrasikan ke dalam dokumen RPJMD agar segala dampak negatif yang mungkin muncul dalam pelaksanaan program dapat diminimalisir.

“Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjaring aspirasi dan harapan yang kemudian akan menjadi isu prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan,” tambahnya.

Edi Busti juga menyampaikan ucapan selamat berdiskusi dan bekerja kepada semua peserta.

“Kontribusi ide dan pemikiran Bapak Ibu semua sangat dibutuhkan untuk menghasilkan kajian lingkungan hidup strategis RPJMD Kabupaten Agam tahun 2025-2030 yang berkualitas,” tuturnya.

Selain itu, Sekda Agam mengucapkan terima kasih kepada Tenaga Ahli Bupati dan Tenaga Ahli Pembuatan KLHS RPJMD Kabupaten Agam tahun 2025-2030, Ardinis Arbain dan Mahdi beserta tim, yang telah berkenan mendampingi Pemerintah Kabupaten Agam dalam pembuatan kajian ini.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait