Sampah Menggunung dan Tak Terurus di TPS Nagari Ujung Gading Pasaman Barat, Masyarakat Keluhkan Bau Busuk

Sampah Menggunung dan Tak Terurus di TPS Nagari Ujung Gading Pasaman Barat, Masyarakat Keluhkan Bau Busuk

TOPSUMBAR – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di Nagari Berastagi, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terkondisi menggunung dan terkesan tak terurus.

Berdasarkan informasi yang beredar di tengah masyarakat, Tempat Pembuangan Sampah itu dikelola oleh Pemerintah Nagari Ujung Gading. Kemudian sampah itu diangkut dari pusat pasar Ujung Gading dan sekitarnya setiap hari.

“Iya betul, kondisi sampah sekarang sudah menggunung tidak terurus. Bau busuk terus menghantui masyarakat yang bermukim tidak jauh dari lokasi itu,” ungkap Ketua Bamus Nagari Berastagi Ujung Gading, Fadli, kepada topsumbar.co.id, Selasa (11/6/2024).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, sudah beberapa tahun belakangan ini, lokasi TPS itu hanya sebagai tempat penumpukan tanpa ada pengolahan dilakukan. Sehingga, semuanya membusuk, karena banyak sampar pasar.

“Alat pengolah sampah di lokasi TPST itu sudah lengkap, tapi tidak dijalankan. Hanya dibiarkan saja oleh pengelola tanpa ada kegiatan dilokasi itu. Sehingga, selain tumpukan sampah juga air lindi dari sampah itu sudah sangat meresahkan,” katanya.

Ia juga meminta kepada Pemerintahan Nagari (Pemnag) Ujung Gading selaku pengelola agar dapat bertanggung jawab atas penumpukan sampah itu, jangan hanya pandai menumpuk tapi manfaatkan peralatan yang ada disana.

“Pemnag Ujung Gading lalai, padahal itu sudah meresahkan dan ditakutkan akan terjadi pencemaran lingkungan nantinya. Karena, tumpukan sampah itu jumlahnya luar biasa,” tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat agar melihat kondisi tumpukan sampah yang dikelola Nagari Ujung Gading itu, apakah sudah sesuai teknis atau belum.

“DLH Pasbar diminta agar menindaklanjuti keluhan masyarakat ini, agar tumpukan sampah itu nantinya tidak menjadi petaka ditengah masyarakat,” pintanya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait