Rida Ananda Resmi Membuka Pemilihan Duta Genre Kota Payakumbuh 2024

Rida Ananda Resmi Membuka Pemilihan Duta Genre Kota Payakumbuh 2024

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Rida Ananda, mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, secara resmi membuka acara Genre Awards dalam rangka Pemilihan Duta Genre Kota Payakumbuh 2024.

Acara tersebut berlangsung di Aula Ngalau Lt. 3 Balai Kota Payakumbuh pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Rida Ananda menjelaskan bahwa program “Generasi Berencana” atau Genre adalah inisiatif pemerintah yang diluncurkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Bacaan Lainnya

Program ini bertujuan untuk membina remaja Indonesia agar menjadi individu yang visioner dan terhindar dari risiko TRIAD KRR, yang mencakup seksualitas, HIV/AIDS, dan narkoba.

“Duta Genre memiliki peran vital dalam mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segalanya. Program ini berfokus pada pembinaan remaja agar mereka dapat menghindari berbagai risiko seperti seksualitas, HIV/AIDS, dan napza,” ujar Rida, yang juga dikenal sebagai Ayah Genre Kota Payakumbuh.

Rida menekankan pentingnya pembinaan yang kontinu oleh pemerintah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung program yang berada di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) tersebut.

“Pemerintah Kota Payakumbuh berkomitmen untuk mempercepat penurunan angka stunting di kota ini. Kami berharap Duta Genre Kota Payakumbuh dapat menjadi mitra pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, Rida juga berharap keberadaan Duta Genre mampu mengurangi berbagai permasalahan remaja, khususnya yang berkaitan dengan seksualitas, penyalahgunaan narkoba, rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, hingga pernikahan dini di Payakumbuh.

“Kami berharap, 22 finalis Duta Genre ini dapat membawa nama baik Payakumbuh di tingkat provinsi maupun nasional. Mari kita terus berupaya menciptakan generasi yang sehat dan produktif demi Payakumbuh emas di masa depan,” tutupnya dengan penuh optimisme.

Ketua Tim Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Dafid Arga, turut memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh atas penyelenggaraan Genre Awards tersebut.

“Ini adalah bukti bahwa Pemko mendukung perkembangan remaja di Payakumbuh untuk menjadi pribadi yang inovatif, produktif, dan berkualitas agar dapat mencapai bonus demografi menuju Indonesia emas 2045,” puji Dafid.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Payakumbuh sekaligus Bunda Genre Kota Payakumbuh, Ny. Elfriza Rida, perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Kepala DP3AP2KB Agustion, perwakilan Duta Genre se-Sumatera Barat, serta para Kepala OPD dan instansi terkait lainnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait