Ribuan Warga Padati RTH Mahkota Berlian untuk Sholat Idul Adha 1445 H

Ribuan Warga Padati RTH Mahkota Berlian untuk Sholat Idul Adha 1445 H

TOPSUMBAR – Gema takbir mengalun di seluruh negeri mengiringi perayaan Idul Adha 1445 H, termasuk di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian, kawasan IKK Sarilamak, pada Senin pagi 17 Juni 2024.

Ribuan masyarakat dari Sarilamak dan sekitarnya berkumpul untuk melaksanakan Sholat Idul Adha di tempat ini.

Acara Sholat Idul Adha ini difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Lima Puluh Kota dan Kemenag Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

Ini adalah kedua kalinya Pemkab Lima Puluh Kota menyelenggarakan solat Ied di RTH setelah sebelumnya pada Idul Fitri bulan April lalu.

Meskipun cuaca mendung, Sholat Idul Adha tetap berjalan khidmat dengan Prof. H. Syafruddin, M.Ag bertindak sebagai Khatib dan Ustadz Bakri sebagai Imam.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Sekretaris Daerah Herman Azmar, Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota Irwan, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, serta sejumlah kepala perangkat daerah lainnya.

Sebelum pelaksanaan sholat, Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengajak seluruh umat Muslim di Lima Puluh Kota untuk memaknai Idul Adha sebagai momen pengingat bahwa hidup penuh dengan perjuangan dan pengorbanan.

“Pengorbanan tersebut harus dengan niat ikhlas dan bertujuan untuk berbagi, mulai dari keluarga hingga masyarakat luas,” ujarnya.

Bupati juga menekankan bahwa nilai ibadah qurban tidak diukur dari besar kecilnya hewan yang dikurbankan, tetapi dari keikhlasan dalam melaksanakannya.

“Hari Raya Idul Adha kali ini diharapkan menyadarkan masyarakat untuk lebih aktif dalam kegiatan sosial, berbagi kebahagiaan secara merata,” tutur Bupati Safaruddin.

Selain itu, Bupati Safaruddin menyampaikan bahwa peningkatan kawasan IKK menjadi salah satu visi misi daerah.

Saat ini, pembangunan fasilitas pemerintahan dan kesehatan di kawasan IKK sedang berlangsung.

“Insya Allah tahun ini tahapannya mulai dikerjakan, termasuk pembangunan rumah sakit baru di kawasan IKK. Harapan kami, Sarilamak akan menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan ekonomi,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota, Irwan, menegaskan komitmen pemerintah daerah dan Kemenag untuk mewujudkan Lima Puluh Kota yang madani.

“Tahun ini, kita telah melaksanakan Sholat Idul Fitri dan Idul Adha di RTH ini dengan harapan dapat menjadi simbol pembangunan peradaban masyarakat Lima Puluh Kota yang beriman, berilmu, dan berbudaya,” ucapnya.

Irwan juga melaporkan bahwa sebanyak 4.567 hewan kurban telah disumbangkan oleh masyarakat Lima Puluh Kota di seluruh nagari.

“Kita berharap semangat berkurban ini terus meningkat di masa mendatang sebagai simbol keikhlasan umat untuk meraih taqwa,” tambahnya.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha, Bupati Safaruddin menyerahkan hewan kurban untuk Masjid Kunci Loyang di Komplek Perkantoran Sarilamak.

Bupati juga menyerahkan hewan kurban di beberapa nagari lainnya, seperti Jorong Tanjuang Jajaran Nagari Galugua, Nagari Lubuak Alai, Suayan, Koto Lamo, Baruah Gunuang, dan di Lapas Kelas III Suliki.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait