Raflis, Sekwan DPRD Sumbar yang Mampu Menjaga Harmoni dengan Media

Raflis, Sekwan DPRD Sumbar yang Mampu Menjaga Harmoni dengan Media

TOPSUMBAR – Silaturahmi antara Forum Wartawan Parlemen (FWP) Sumbar bersama Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis berlangsung penuh keakraban di Ruang Sidang I, lantai dua Gedung Utama DPRD Sumbar, pada Jumat 7 Juni 2024.

Raflis merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengawali karirnya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan selama 14 tahun. Kemudian di Tahun ke 15 mengabdi sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) di DPRD Sumbar.

Yang menarik ialah, Raflis merupakan Sekwan terlama dengan masa jabatannya 9,5 tahun.

Bacaan Lainnya

“Kunci saya dimanapun di tugaskan yakni, Dedikasi, Loyalitas, Bekerja sesuai aturan, serta Mampu Berinovasi dalam bekerja. Semua itu adalah kunci yang harus dipegang di dalam diri kita,” ungkapnya.

Selain itu, Raflis juga menekankan pentingnya interaksi yang baik dengan para wartawan. Ia mengajak para jurnalis untuk bekerja sama tanpa mengintimidasi independensi mereka.

“Saya tahu wartawan bekerja ada aturannya, mulai dari UU Pers hingga Kode Etik Jurnalistik. Jika tidak ada fakta dan data, tidak mungkin seorang wartawan memberitakan informasi yang hoaks dan tidak benar,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Raflis juga menghargai profesi wartawan dengan memberikan ruang fasilitasi tanpa melanggar ketentuan dua profesi tersebut, yaitu birokrat dan jurnalis.

Saat ini, Raflis tengah menghitung hari menuju pensiun yang dijadwalkan pada Oktober tahun ini.

Namun, Ketua Forum Wartawan Parlemen Sumbar, Novrianto Ucok, mengingatkan bahwa Raflis meninggalkan segudang warisan di DPRD Sumbar.

“DPRD Sumbar telah menjadi lembaga yang paling informatif di seluruh Indonesia, membangun sistem informasi publik yang diakui oleh Komisi Informasi. Selain itu juga telah tiga kali berturut-turut meraih Predikat Informatif dari Komisi Informasi Sumbar. Pak Raflis juga dianugerahi sebagai Tokoh Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022. Ia juga merupakan peringkat enam pimpinan DPRD se-Indonesia penilaian Komisi Informasi Pusat tahun 2023,” ungkap Novrianto.

Sebelum mengakhiri pertemuan itu, Raflis mengatakan bahwa pers adalah corong kinerja hebat bagi wakil rakyat.

“Ajak berkawan dan berikan apa yang diinginkan pers terkait pemberitaan. Jika ada informasi yang tidak faktual, DPRD harus segera mengklarifikasi,” pungkas Raflis.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait